DepokNews- Pasien Covid-19 di Kota Depok makin menurun Per tanggal 2 September 2021 konfirmasi positif sebanyak 107 orang. Namun pada hari Jumat (5/9) hanya menambah 47 orang. Hal ini patut disyukuri. Demikian dikatakan oleh Roy Pangharapan ketua Dewan Kesehatan Rakyat (DKR) Kota Depok kepada pers di Depok Senin (6/9).

Menurut DKR, angka penurunan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah, peran serta masyarakat dalam ikut berperan aktif dalam usaha pencegahan penyebaran Covid-19. Masyarakat juga mulai sadar mencoba mencari tahu apa yang terjadi selama ini dan mau belajar.

“Usaha pemerintah yang didukung oleh masyarakat dan kesadaran masyarakat untuk mau belajar tentang apa itu Virus Covid-19 dan bagaimana cara mengatasinya juga menjadi faktor penurunan angka penularan dan kematian akibat Covid-19,” ujar Roy Pangharapan yang gencar melakukan sosialisasi cara mengatasi Covid-19 dengan cuci hidung menggunakan garam krosok untuk pencegahan Covid-19 dan ramuan 131 untuk peningkatan imunitas antibodi pasien terpapar.

“Kita tidak boleh mengerdilkan usaha pemerintah dan upaya dari masyarakat itu sendiri untuk terus menekan angka positif Covid-19. Silahkan para ahli punya pendapat berbeda, bahwa ini karena kurangnya testing dan tracing atau apalah. Saya hanya melihat kenyataan dalam kehidupan nyata sehari-hari,bahwa sudah jarang sekali orang sakit karena Covid-19,” tegas Roy Pangharapan.

DKR sendiri yang sejak awal pandemi ini bertugas mwmbantu pemerintah, yang pertama kali dilakukan adalah dengan mengadakan sosialisasi bersama pemerintah Kota Depok dalam hal ini dinas kesehatan.

“Iya kami dari awal meminta pemerintah untuk segera melakukan sosialisasi pencegahan Covid-19 bersama dinas kesehatan yang dibuka langsung oleh kepala Dinas Kesehatan, drg. Novarita,” imbuh Roy Pangharapan.

Untuk itu DKR mengajak kepada segenap masyarakat kota Depok untuk terus menerapkan protokol kesehatan, menjalankan pola hidup bersih dan sehat ditambah dengan mencuci hidung dengan air garam krosok, untuk melepaskan paparan virus Covid-19 dari rongga hidung.

Roy Pangharapan juga kembali mengingatkan penggunaan minum ramuan 131 (1 jari jahe, 3 batang sere dan 1 jari lengkuas) untuk mencegah terjadinya replikasi jika tubuh terinveksi.

“Kita harus optimis bahwa kita mampu melawan Covid-19, untuk itu lanjutkan protokol kesehatan, makan makanan yang bergizi lebih banyak buah dan sayur, rutin olahraga dengan hati gembira untuk menaikkan imun tubuh ditambah dengan mencuci hidung dengan air garam krosok 1% untuk melepaskan virus yang menempel di rongga hidung atau paparan dan rutin Minum ramuan 131 untuk menghambat replikasi jika tubuh terinfeksi,” pungkas Roy Pangharapan.