Mudzakkir Harun Alrasyid,S.Ag.,M.Pd (paling kiri memegang buku)

DepokNews–Berawal dari sebuah kreativitas mengajar di kelas yang dilakukan oleh seorang guru di kawasan Cinere inilah membuahkan berbagai macam keberkahan dan kesempatan emas.

Di antara kesempatan emas yang didapatkan adalah terwujudnya satu karya buku perdana dengan judul Toleransi Kini dan Nanti yang langsung dieditori oleh wartawan senior koran nasional.

Melalui buku yang baru saja dilaunching, sang penulis langsung ditunjuk menjadi peserta Guru Berprestasi Kota Depok 2019 mewakili kecamatannya dengan mempresentasikan best practise yang diberi judul Pemanfaatan Aplikasi Video Smartphone dalam Pembelajaran Toleransi Beragama PAI Kelas 6 di SDIT Miftahul Ulum Cinere Depok

Beberapa bulan setelah ajang lomba tepatnya Peringatan Hari Pendidikan Nasional, penulis dan beberapa penulis lain di Kota Depok mendapat undangan dari Walikota Depok untuk mengikuti upacara Hari Pendidikan Nasional dan mendapatkan apresiasi sebagai penulis.

Di saat penulis sedang menyiapkan revisi buku perdananya yang akan dilengkapi dengan endoresment dari para tokoh pendidikan, penulis ditawarkan oleh rekan wartawan agar mengikuti lomba Penulisan Desain Pembelajaran Inspiratif Harmoni dari Sekolah BNPT dengan alasan lombanya sangat cocok dengan desain pembelajaran dan buku penulis.

Tema Lomba Penulisan Desain Pembelajaran Inspiratif “Harmoni Sekolah” BNPT adalah: “Integrasi Nilai-nilai Agama dan Budaya di Sekolah dalam Menumbuhkan Harmoni Kebangsaan”

Sedangkan subtemanya adalah:
Kebangsaan, Keragaman, Kearifan Lokal, Toleransi, Damai Itu Indah, Cinta Tanah Air, dan Tabayyun (Melawan Hoax)

Sementara peserta yang boleh ikut adalah Guru TK/PAUD, Guru Mata Pelajaran Agama SD/MI, SMP/MTS, dan sederajat dengan melampirkan Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah tempat bertugas, melampirkan biodata peserta, mengirimkan maksimal 2 (dua) naskah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Materi Pendidikan Agama Kurikulum 2013, beserta media pembelajarannya.

Syarat berikutnya adalah membuat Video Pembelajaran sesuai dengan RPP yang telah dibuat dengan durasi maksimal 5 menit yang diunggah di youtube dengan menuliskan subyek #harmonidarisekolah-Nama Peserta-Nama Sekolah.

Sang Penulis sendiri selama ini sering mengunduh kegiatan pembelajaran dan aktivitas sekolah dalam akun pribadinya keren.mdzkr@gmail.com dengan total video saat ini 274 video dan 865 subsribe.

Penulis mengikuti dan berpartisipasi dalam lomba Penulisan Desain Pembelajaran Inspiratif “Harmoni Sekolah” BNPT Tahun 2019 adalah untuk mengintegrasikan nilai-nilai agama dan budaya di sekolah guna menumbuhkan harmoni kebangsaan. Semoga saat penjurian nanti di tanggal 26-29 November 2019, saya menjadi salah satu bagian dari pemenangnya, ujar penulis.

Penulis saat ini juga sedang menyelesaikan studinya di PGSD Universitas Terbuka S1 BI (Bidang Ilmu) yang diselesaikan dalam waktu 1 tahun dengan perkuliahan di hari Sabtu dan Minggu. Meskipun sebelumnya penulis telah menyelesaikan Pascasarjana Pendidikan Bahasa Indonesia di UHAMKA di tahun 2012.

Sambil menantikan revisi buku pertamanya, penulis sudah menyiapkan buku ke-2 yang rencananya akan diberi judul Bangga Menjadi Guru SD. Penulis berharap buku ini bisa menjadi rujukan bagi mahasiswa PGSD, guru SD, para orang tua murid, praktisi pendidikan, dan masyarakat pada umumnya.

Sang Penulis tersebut adalah Mudzakkir Harun Alrasyid,S.Ag.,M.Pd. Guru SDIT Miftahul Ulum Cinere Depok.