Berikan Inspirasi ke Anak Muda Lewat Gerakan #MalmingDiMasjid

Posted on 462 views

DepokNews — Demi menjadikan masjid sebagai tempat berkumpul bagi anak-anak muda melakukan kegiatan positif namun tidak meninggalkan sisi islami, Muttaqin Youth Association (MYA) menggelar kegiatan #MalmingDiMasjid 1.0 bertajuk “Kiat Mendapat Beasiswa dan Sukses di Luar Negeri”, pada Sabtu (5/5/2018) malam.

Acara yang digelar di Masjid Al-Muttaqin Pondok Sukmajaya Permai ini menghadirkan Radyum Ikono M.Eng, Ph.D (Cand) sebagai pembicara. Ia merupakan lulusan NTU Singapura dan Tsukuba University Jepang. Saat ini pria yang tengah menempuh pendidikan S3 ini juga berprofesi sebagai CEO Nanotech Indonesia.

Dalam paparannya, Ikono, sapaan akrabnya, banyak menceritakan pengalamannya selama menjadi mahasiswa di luar negeri. “Menuntut ilmu di luar negeri harus memiliki tujuan untuk menerapkan ilmu yang didapat demi kepentingan umat dan bangsa Indonesia,” ujarnya.

Dia juga membagikan tips untuk bisa mendapatkan beasiswa di luar negeri. Menurutnya, mendapatkan beasiswa itu tidak sesusah yang orang bayangkan. “Jadi sebenarnya mitos bila ingin kuliah di luar negeri harus memiliki toefl yang bagus. Karena banyak juga kampus yang tidak terlalu mempersalahkan nilai toefl, di China dan Taiwan misalnya,” katanya.

Dirinya juga mengapresiasi kegiatan #MalmingDiMasjid sebagai sarana dakwah ke anak muda namun dengan cara yang kekinian. “Semoga kegiatan seperti ini bisa diaplikasikan di masjid-masjid lain,” terangnya.

Ke depannya, kegiatan #MalmingDiMasjid akan diselenggarakan rutin dengan diisi pembicara-pembicara yang bisa menginspirasi anak-anak muda untuk lebih baik lagi bagi agama, nusa dan bangsa. “Insya Allah pembicara yang diundang punya kompetensi baik secara teori maupun prakteknya untuk dibagikan ke para generasi muda,” ujar perwakilan MYA, Bobby Afif.

Sementara itu Wakil Ketua DKM Al-Muttaqin, Fauzie Abdullah mengatakan kegiatan #MalmingDiMasjid adalah sarana untuk mengajak para pemuda untuk aktif memakmurkan masjid dengan cara-cara menarik. “Jadi anak-anak muda itu jangan hanya mengejar kepentingan dunia saja. Juga harus seimbang dengan urusan agama. Jadi jangan lupakan masjid,” terang dia.

“Semoga dengan adanya kegiatan seperti ini bisa memotivasi anak muda untuk menjadi generasi muda yang islami dan unggul dalam hal pendidikan. Insya Allah DKM Al-Muttaqin akan terus mendukung kegiatan positif seperti ini,” demikian Fauzie menandaskan.