DepokNews–Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok menggelar pertemuan sosialisasi Survailance Penyakit yang Dapat Dicegah dengan Imunisasi (PD3I) di aula lantai 10, gedung Dibaleka II, Rabu (24/10). Dalam kegiatan itu, sejumlah upaya diberikan ke masyarakat untuk meningkatkan pemahaman masyarakat agar memberikan imunisasi kepada anak.

Kepala Bidang Penanganan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kota Depok Rani Martina mengatakan, pihaknya melibatkan forum sehat se-Kota Depok, PKK, dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dalam pertemuan tersebut. Pasalnya, seluruh komponen itu memiliki andil besar dalam memberikan informasi seputar imunisasi ke masyarakat.

“PD3I ini terus kami sampaikan kepada masyarakat. Tujuannya agar masyarakat melakukan program imunisasi yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah penyakit berbahaya yang dapat menyerang anak,” tuturnya kepada depok.go.id usai acara.

Dikatakan Rani, anak harus memenuhi imunisasi dasar yang menjadi program pemerintah. Sejumlah imunisasi dasar diantaranya Bacille Calmette-Guérin (BCG), Difteri, Pertusis, dan Tetanus (DPT), Haemophilus Influenzae type b, Polio, Hepatitis B, Campak, dan Rubella.

Rani menambahkan, ke depan masyarakat dapat terus meningkatkan pemahaman seputar program imunisasi. Tentunya juga dengan memberikan imunisasi kepada anak sesuai dengan usianya.

“Imunisasi diberikan berdasarkan usia anak. Semoga ke depan seluruh orangtua dapat optimal dalam memberikan imunisasi demi kekebalan tubuh anak,” pungkasnya.

Sumber: depok.go.id