BPJS Ketenagakerjaan Depok bersama PCNU, beserta instansi dalam pelantikan dan penyerahan kartu anggota BPJS Ketenagakerjaan (Foto: Mia Nala Dini-DepokNews)

DepokNews- BPJS Ketenagakerjaan Kota Depok, secara simbolis menyerahkan kartu keanggotaan peserta kepada Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Depok. 

Penyerahan kartu juga dirangkai kegiatan jalan santai menyambut Tahun Baru Islam. Serta pelantikan Ketua PCNU Depok yang baru Ahmad Solechan, menggantikan Raden Salamun Adi Ningrat. 

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kota Depok Indra Iswanto mengatakan, penyerahan simbolis ini merupakan tindak lanjut dari MoU antara PBNU dengan Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. Dengan tujuan memberikan jaminan kecelakaan kerja, dan jaminan kematian kepada warga NU Depok yang memiliki aktififas ekonomi.

“Seperti banser, badan usaha, dan semua unit di PCNU untuk menjadi peserta. Ada lima ribu warna NU yang akan didaftarkan menjadi anggota,” kata Indra, didampingi Kabid Kepesertaan BPJS ketenagakerjaan Cabang Kota Depok Yanuar Wirandono, di Kantor PCNU Depok, Sabtu (31/8/2019).

Depok sendiri, lanjut Indra, adalah kota pertama yang menindaklanjuti arahan dari BPJS Ketenagakerjaan pusat, perihal MoU dengan PBNU. 

“Kami ingin melindungi pekerja, tidak hanya warga NU saja. Karena
para pekerja berhak dilindungi oleh negara, khususnya jaminan kecelakaan, dan jaminan kematian,” jelasnya.

Kedepan, BPJS Ketenagakerjaan Cabang Depok juga akan terus melakukan sosialisasi. Dengan target selanjutnya adalah perangkat pemerintahan yang non ASN. Seperti RT, RW, Kader PKK dan lainnya yang perlu perlindungan.

“Kami berharap semua warga Kota Depok yang memiliki aktifitas ekonomi dapat terlindungi. Apabila ada risiko pekerjaan tidak membuat orang susah, karena diri mereka sudah dilindungi negara,” tukas Indra.

Pada kesempatan yang sama, Kabid Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Depok Yanuar Wirandono menyampaikan, pengurus PC NU Kota Depok di tingkat Kecamatan dan Kelurahan akan diberikan pemahaman yang komprehensif agar dapat mensosialisasikan program BPJS Ketenagakerjaan kepada warda nahdliyin yang di wilayahnya.

“Kami akan merekrut pengurus PC NU kota Depok di tingkat Kecamatan dan Kelurahan menjadi agen Perisai (Penggerak jaminan sosial Indonesia) agar dapat membantu warga nahdliyin yang akan mendaftar dan mendapatkan informasi tentang BPJS Ketenagakerjaan”, pungkas yanuar.

Terpisah, Ketua PCNU Kota Depok Achmad Solechan mengapresiasi bentuk komitmen BPJS Ketenagakerjaan untuk melindungi setiap pekerja, dengan jaminan ketenagakerjaan. Meskipun, pekerja tersebut tidak diberi upah, alias bekerja sendiri namun tetap mendapat perlindungan.

“Segala bentuk yang positif kami menjamin. Apalagi ini erat kaitannya dengan jaminan keselamatan, dimana setiap orang sangat membutuhkan pekerjaan. Disamping itu juga harus ada jaminan bagi mereka,” tandas Achmad.(mia)