DepokNews–Untuk membekali para orang tua cara mendidik anak usia dini secara benar Gugus Paud Sedab Malam yang beranggotakan sembilan PAUD mengadakan seminar parenting tentang cara mendidik anak pada usia dini. Kegiatan ini berlangsung di Aula Kecamatan Cipayung, Kamis (11/4/2019). Kegiatan ini diikuti 240 peserta dan dihadiri oleh Camat Cipayung Asep Rahmat beserta istri, Kabid dan Kasie Dikmas Kota Depok, Penilik Paud Kota Depok,serta Ketua PKG ( Pusat Kegiatan Gugus) dan para tamu undangan lainnya. Berindak sebagai nara sumber pada seminar ini, Psikolog PUSPAGA Leni Sintorini.

Ketua Panita, Herna menjelaskan, anak merupakan generasi penerus bangsa sehingga harus diberikan pendidikan secara benar dan tepat supaya tumbuh menjadi anak yang sholeh, taat dalam beragama dan bisa mengembangkan bakat dan kemampuannya.

“Setiap anak punya bakat, kemampuan dan kecerdasan yang berbeda-beda, sebagai orang tua harus bisa mengetahui bakat dan kemampuan anaknya, untuk itu para orang tua harus mempunyai bekal atau ilmu untuk mendidik anak,” kata Herna.

Menurut Herna, pada anak usia dini terjadi proses kematangan fungsi fisik dan psikis yang siap merespon stimulasi yang diberikan oleh lingkungan. Masa ini juga merupakan masa peletak dasar untuk mengembangkan kemampuan kognitif, motorik, bahasa, sosio emosional, agama dan moral.

“Oleh karena itu para orang tua harus punya perhatian yang sangat besar dalam mendidik anak saat usia dini” tambah Herna.

Hal senada dikatakan Camat Cipayung, Asep Rahmat saat memberikan sambutan, sebelum membuka secara resmi kegiatan parenting tersebut.
“Salah satu program unggulan Pemerintah Kota Depok adalah ketahanan keluarga. Para orang tua harus mampu mendidik anak anak secara baik dan benar supaya anak-anak tumbuh cerdas, berkualitas dan sholeh,” kata ASep Rahmat.

Pada kegiatan ini juga ditampilkan seni musik tradisional angklung yang dibawakan oleh siswa TKIT Abi Umi yang cukup memukau para peserta seminar.