Berhasil Tekan Filariasis, Depok Raih Sertifikat Eliminasi Filariasis

Posted on

DepokNews — Walikota Depok Mohammad Idris menerima sertifikat eliminasi filariasis dari Menteri Kesehatan RI Nila F Moeloek.

Sertifikat tersebut diberikan pada puncak peringatan Bulan Eliminasi Kaki Gajah Tahun 2017 di Desa Jatisono Kabupaten Demak, Sabtu (07/10/17). Walikota menginformasikan bahwa ada 13 kota/kabupaten yang menerima sertifikat ini, dan Depok salah satunya.

“Sertifikat ini diterima berdasarkan hasil evaluasi penilaian penularan yang telah menunjukkan penurunan prevalensi filariasis yang bermakna sehingga tidak memungkinkan adanya penularan kembali,” terangnya.

Idris melanjutkan, eliminasi filariasisi diterima Pemerintah Kota Depok karena dinilai berhasil mengendalikan kasus penyakit kaki gajah. Eliminasi filariasis adalah sebuah keadaan dimana penularan filariasis di masyarakat sudah sedemikian rendahnya, sehingga penyakit kaki gajah sudah tidak lagi menjadi masalah kesehatan masyarakat.

“Alhamdulillah, Pemerintah Kota Depok menerima sertifikat ini. Sertifikat ini sebagai bentuk penghargaan dari Menteri Kesehatan kepada Pemerintah Kota Depok karena berhasil memusnahkan penyakit filariasis (kaki gajah). Terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat kota Depok. Semoga Depok Healthy City dapat segera terwujud,” tutur Idris seraya menghimbau warganya untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat.