Berbagai Kegiatan Warnai TMMD Ke-98 Tingkat Kota Depok

Posted on

Walikota Depok, Mohammad Idris, secara resmi membuka kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-98 Tahun 2017 Tingkat Kota Depok, di Lapangan Relis, Kelurahan Limo, Kecamatan Limo, Rabu pagi (05/04/2017). Kegiatan TMMD yang berlangsung selama 30 hari, yakni mulai tanggal 5 April sampai dengan 4 Mei 2017, di Kecamatan Limo dan Cinere, diwarnai dengan beragam kegiatan baik yang bersifat fisik maupun non fisik.

Adapun kegiatan fisik berupa pengecoran jalan sepanjang 500m x 3,5m di Jalan Makam Kopo, rehab RTLH (Rumah Tidak Layak Huni) sebanyak 4 unit dan Rehab Posyandu sebanyak 1 unit. Kegiatan fisik dalam TMMD Ke-98 ini, juga mendapatkan bantuan Gubernur yang bersumber dari APBD Provinsi Jawa Barat Tahun 2017 dalam bentuk material untuk rehabilitasi Jalan Mandor Imit dengan panjang 200m x 3m, dengan ketebalan 15cm.

Sementara itu, kegiatan non fisik berupa penyuluhan bahaya narkoba, kenakalan remaja, kerukunan hidup umat beragama, Keluarga Berencana, KIA, tertib lalin, lingkungan hidup, kesehatan lingkungan, Koperasi dan UMKM, kedisiplinan, penyuluhan terorisme dan radikalisme, yang dapat bermanfaat khususnya bagi warga di Kecamatan Limo dan Cinere. Selain itu juga ada kegiatan tambahan pada Upacara Pembukaan TMMD Ke-98, yakni pengobatan umum sebanyak 500 orang, pelayanan KB sebanyak 50 orang, sunatan masal sebanyak 15 orang, serta bazar murah dan pembagian paket sembako. Pelaksanaan TMMD Ke-98 ini menggunakan alokasi anggaran hibah dari Pemerintah Kota Depok serta dukungan dari TNI.

Walikota Depok, Mohammad Idris yang bertindak selaku Inspektur Upacara pada Upacara Pembukaan TMMD Ke-98, dalam amanatnya mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Selain itu, kemanunggalan TNI dan rakyat dengan dukungan dari Pemerintah Daerah merupakan hal penting dalam mengatasi pemerataan pembangunan di Kota Depok. “Melalui kegiatan TMMD ini, marilah kita wujudkan kerjasama masyarakat dalam berbagai bidang pembangunan yang diarahkan pada penguatan persatuan dan kesatuan bangsa serta peningkatan peran aktif masyarakat dalam pembangunan yang dilakukan dengan prinsip Dari, Oleh dan Untuk Masyarakat,” kata Walikota.

Dirinya juga mengatakan bahwa kita patut bersyukur, ditengah-tengah kita terdapat prajurit-prajurit dan juga masyarakat yang mempunyai rasa kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan, dengan dilandasi semangat silih asah, silih asih dan silih asuh untuk memperkuat integrasi bangsa serta memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa. “Saya berharap rasa kepedulian terhadap lingkungan dapat terus ditumbuhkembangkan agar lingkungan kita menjadi lingkungan yang aman dan nyaman. Saya juga menghimbau kepada masyarakat untuk dapat menjaga dengan sebaik-baiknya hasil pembangunan yang telah dilakukan dalam kegiatan TMMD ini,” pesan Walikota.

Upacara Pembukaan TMMD Ke-98 yang mengusung tema “Dengan Semangat Kemanunggalan TNI dan Rakyat Kita Percepat Pembangunan di Daerah Guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Dalam Rangka Menjaga Keutuhan Wilayah NKRI”, dihadiri oleh Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna, Danrem 051/Wkt Kolonel Infantri Rifky, Dandim 0508/Depok Letnan Kolonel Infantri Slamet Supriyanto, Dandim 0504/Jaksel, para pejabat dan staf jajaran Kodam Jaya serta perwakilan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Barat.