Benarkah Depok Makin Panas Bisa Capai 40 Celcius? Ini Penjelasan BMKG

Depoknews.id – Belakangan suhu kota Depok dan sekitarnya terasa makin panas di siang hari. Sementara itu mulai beredar berita yang menyebutkan bahwa suhu udara di Indonesia dapat mencapa 40°C pada tanggal 21 Maret besok, termasuk juga Kota Depok dan sekitarnya.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam rilisnya menjelaskan bahwa suhu udara makin panas bisa terjadi karena memang ada fenomena alam yang namanya equinox.

Equinox adalah salah satu fenomena astronomi di mana Matahari melintasi garis khatulistiwa dan secara periodik berlangsung dua kali dalam setahun, yaitu pada tanggal 21 Maret dan 23 September. Ini maksudnya matahari berada relatif lebih dekat dengan wilayah bumi nusantara dan negara-negara di garis khatulistiwa dibanding wilayah bumi lainnya.

Namun menurut BMKG, Keberadaan fenomena tersebut tidak selalu mengakibatkan peningkatan suhu udara secara drastis, sementara rata-rata suhu maksimal di wilayah Indonesia bisa mencapai 32-36°C.

BMKG juga menjelaskan bahwa Equinox bukan merupakan fenomena seperti HeatWave (gelombang panas) yang terjadi di Afrika dan Timur Tengah yang dapat mengakibatkan peningkatan suhu udara secara besar dan berlangsung lama.

Humas BMKG dalam rilisnya mengimbau masyarakat untuk tidak perlu mengkhawatirkan dampak dari equinox seperti dalam berita dan isu yang tersebar.

Secara umum kondisi cuaca di wilayah Indonesia cenderung masih lembab atau basah. Beberapa wilayah Indonesia saat ini sdg memasuki masa atau periode transisi/pancaroba.

Secara medis, dalam kondisi pancaroba, sebaiknya masyarakat tetap mengantisipasi kondisi cuaca yang cukup panas dengan meningkatkan daya tahan tubuh serta tetap menjaga kesehatan keluarga.