Duren Mekar, Bojongsari Depok Jumat, 5 Juni 2020.
Kegiatan ini, menurut Bu Yamin ketua bank sampah Bougenville Ceria, dalam menyikapi kebutuhan dapur warga dengan menukar limbah rumah tangganya yang layak jual.
Berawal dari kegiatan yang dimotori oleh ibu-ibu majelis taklim Masjid At-Taqwa Sawangan Elok Kelurahan Duren Seribu , Bojongsari – Depok. Setiap Ahad pagi, menyiapkan konsumsi sarapan pagi setelah kuliah subuh di Masjid At-Taqwa. Dilanjutkan dengan sedekah makan siang setelah sholat jumat setiap bulan untuk lebih dari 500 jamaah Masjid At-Taqwa secara rutin dilakukan sejak tahun 2019.


Lebih jauh, jelas Bu Erni Juliawati ketua bank sampah Raflesia 2, semenjak adanya pandemi Covid-19 kegiatan tersebut dialihkan dengan membuka warung gratis sembako dan sayur mayur di pagi hari serta takjil buka puasa di sore hari buat warga yang terdampak ekonominya karena pandemi.
Alhamdulillah, kegiatan ini disambut antusias warga dengan semakin banyak yang berpartisipasi sedekah sehingga persediaan warung tercukupi.


Dengan kolaborasi melibatkan semua unsur Majelis Taklim Masjid At-Taqwa, RT-RW, Bank Sampah, dan komunitas Si Jelita (Inspirasi Jelantah untuk Lingkungan Kita) Sawangan Elok, aktivitas tersebut bergulir dan berkembang menjadi belanja barter limbah. Warga berbelanja kebutuhan dapur di warung dengan menukar sampah atau limbah minyak jelantah dari rumah masing-masing. Hal ini dilakukan untuk saling membantu dan juga mengedukasi masyarakat dalam mencintai lingkungannya. Demikian tegas Bu Fatimah selaku ketua Majelis Taklim Masjid At-Taqwa Sawangan Elok Depok menutup wawancara ini