Pimpinan Universitas Gunadarma dan para nara sumber foto bersama

DepokNews– Universitas Gunadarma bekerjasama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menggelar smeinar data science. Seminar yang diikuti puluhan peserta baik dosen maupun mahasiwa terbut mengambil tema “Membangun Repositori Nasional Melalui Sinergi Riset Antara Universitas Gunadarma Dengan LIPI”. Acara ini berlangsung di Kampus Universitas Gunadarma Graha TB Simatupang Jakarta Selatan, Selasa (23/7/2018).

Ketua pelaksana kegiatan, Dr. Eri Prasetyo Wibowo menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan seminar desiminasi kerjasa riset antara pusat dokumentasi dan informasi LIPI dengan program S3 teknologi informasi Universitas Gunadarma.

“Seminar ini merupakan tindak lanjut dari Memorandum of Understanding (MoU) antara Universitas Gunadarma dengan LIPI. Karena MoU itu bukan hanya diatas kertas namun harus ditindaklanjuti kegiatan yang nyata, seminar ini salah satunya” kata Dr. Eri Prasetyo Wibowo.

Dijelaskan Dr. Eri Prasetyo Wibowo, Universitas Gunadarma akan bersinergi dengan LIPI untuk mengadakan penelitian, menyimpan, mengirim atau menganalisa data secara cepat dan tepat.

“Di Universitas Gunadarma banyak resources atau sumber daya, ini bisa banyak membantu mengerjakan untuk menyimpan data-data ilmiah pada repository untuk menyimpan data-data ilmiah. Kita bisa membeerdayakan mahasiwa Gunadarma S1, S2 dan S3 tergantung jenis penelitiannya apa. Misal LIPI mau mengirim data yang ukurannya sangat besar dengan cepat, data tersebut kita teliti, kita mengembangkan algoritma untuk kompresi supaya pengirimannya bisa cepat. Kemudian di LIPI banyak data, misalnya tumbuhan atau lainnya, ini bagaimana untuk mengenali dengan cepat, mahasiswa S3 Gunadarma bisa melakukan itu, dengan menggunakan teknologi melalui sebuah aplikasi,” tambah Dr. Eri Prasetyo Wibowo.

Acara ini di buka langsung oleh Rektor Universitas Gunadarma, Prof.Dr.E.S.Margianti,SE.,MM. Dalam sambutannya Prof.Dr.E.S.Margianti menyatakan dukungan atas kegiatan tersebut dan mengingatkan para mahasiswa untuk tidak membuat karya ilmiah dengan mencontek.

“Tulisan ilmiah harus merupakan karya sendiri, jangan sampai copy paste atau duplikasi karya orang lain,” pesan Prof.Dr.E.S.Margianti dengan tegas.

Dalam seminar ini hadir empat pembicara, Prof Dr.Sarifuddin Madenda dan Dr.Lily Wulandari dari Universitas Gunadarma serta Hendro Subarjo, M.Eng dan
Eka Marlina St, MT dasi LIPI.

Dalam materinya, Hendro Subarjo, M.Eng menjelaskan, cara-cara menyimpan data secara benar dan aman serta manfaatnya bagi peneliti atau bagi pihak-pihak yang akan membutuhkan data tersebut.