Kadisdik Kota Depok, Mohammad Thamrin (Foto: Mia Nala Dini-DepokNews)

DepokNews- Budaya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), harus diterapkan para guru kepada siswanya. Salah satunya, membawa makan siang atau bekal dari rumah.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok Mohammad Thamrin mengajak guru di Depok, mengimbau siswa saat istirahat di sekolah dengan membawa bekal dari rumah. 
“Guna menjaga kesehatan, khususnya para pelajar, kepada orang tua dimohon agar dapat menyiapkan bekal makanan dari rumah,” kata Thamrin.

Dengan demikian, kata Thamrin, asupan makanan untuk anak-anak lebih terjaga atau sehat. Daripada, imbuhnya, membeli jajanan sembarangan yang ada di luar lingkungan sekolah.

“Kalau kita melarang anak-anak untuk tidak jajan di luar susah juga. Atau misalkan kita larang kepada pihak penjualnya, nanti dibilang tidak manusiawi. Namun, apabila kebiasaan membawa bekal dari rumah ini, dan tidak ada yang jajan di luar sekolah, dengan sendirinya para penjual tadi akan pindah tempat,” jelasnya.

Dengan upaya ini, dirinya berharap para pelajar Depok dapat terhindar dari penyakit. Sehingga Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) menjadi tidak terganggu.

“Kita juga akan tingkatkan sinergisitas dengan Perangkat Daerah, terutama yang konsen dengan kesehatan. Misalkan Dinas Kesehatan (Dinkes) atau Unit Pelaksana (UPT) Puskesmas di masing-masing kecamatan,” tutup Thamrin.(mia) 

Area lampiran