Beginilah Cara Pilih Daging Yang sehat Menurut DKPPP Depok

Posted on

DepokNews — Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Depok mengimbau konsumen untuk cerdas dan selektif dalam memilih daging. Pasalnya, tidak semua daging layak dimakan. Hanya daging yang memenuhi kriteria Aman, Sehat, Utuh dan Halal (ASUH) saja yang aman bagi kesehatan tubuh manusia, seperti dilansir depok.go.id

“Konsumen harus selektif dalam memilih daging yang ASUH. Kalau seluruh konsumen melakukan hal ini, maka bisa menekan angka kecurangan yang dilakukan pedagang nakal,” ujar Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Depok, Farah Mulyati, Kamis (08/06/2017).

ASUH yang dimaksud, lanjutnya, yang pertama Aman. Artinya, daging tersebut aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat. Dalam daging tersebut, kata Farah, tidak mengandung bahan berbahaya atau beracun yang dapat membahayakan kesehatan. Kedua adalah Sehat, yaitu hewan yang disembelih merupakan hewan yang sehat, sehingga tidak ada kekhawatiran akan ada penularan penyakit dari hewan yang dikonsumsi.

“Salah satu yang terpenting lagi adalah Utuh, artinya daging tersebut tidak dicampur dengan daging jenis lain atau dengan kata lain dioplos. Seperti dengan daging babi. Kalau sudah dioplos begini, jelas daging tersebut tidak bisa dikatakan halal,” kata dia.

Dikatakan Farah, Halal di sini maksudnya, hewan yang disembelih sesuai dengan syariat Islam. Hal ini erat kaitannya dengan kesejahteraan hewan. Sebab, hewan yang disembelih juga harus mendapat perlakuan yang layak.

“Sebagai konsumen tentunya kita harus dapat memilah dan memilih produk yang layak untuk dikonsumsi. Jadilah konsumen yang cerdas dan teliti sebelum membeli,” pungkasnya.