Imam Budi Hartono, (IBH)

DepokNews—Anggota DPRD Propinsi Jawa Barat yang juga bakal calon Walikota Depok yang diusung oleh PKS punya perhatian besar terhadap lingkungan hidup, seperti permasalahan sampah.

Menurut Imam Budi Hartono, komunitas bank sampah sudah sangat membantu Pemkot Depok dalam mengurangi volume sampah. Dimana volume sampah Depok mencapai 1000 – 1300 ton perhari yang dibuang ke TPA Cipayung.

“Sementara Bank Sampah Depok baru bisa mengurangi 20 persen volume sampah tersebut. Suatu jumlah yang cukup besar bagi sebuah komunitas dalam upaya turut mengatasi permasalahan sampah di Kota Depok. Itupun masih belum maksimal peran Pemkot Depok membantu komunitas tersebut,” tutur Imam.

Imam Budi Hartono juga mengajak masyarakat untuk secara aktif berpran serta dalam memilah sampah.

“Saya mengajak warga untuk memilah sampah sejak dirumah dan kedua stop penggunaan plastik dengan membawa tempat minum. Membawa tas atau keranjang jika ingin berbelanja,” tambah Imam Budi Hartono.

Cara lain untuk mengurangi sampah menurut Imam Budi Hartono adalah dengan meminimalkan penggunaan plastik, baik bersifat perorangan, keluarga maupun lembaga. Pemda Depok pernah mengeluarkan ajakan tidak menggunakan plastik dalam kantor dan dalam aktivitas tertentu. Misalnya, untuk minum yang biasa menggunakan minuman gelas atau botol plastik menjadi suatu yang dilarangan.

IBH berharap agar para aparat pemerintah diwajibkan membawa gelas atau botol minum sendiri untuk kebutuhan dikantor. Dalam acara seremonial dilarang juga menggunakan plastik.

“Ajakan menggunakan besek pada waktu pemotongan hewan kurban juga merupakan ajakan yang bagus bahwa masyarakat peduli tentang bahaya sampah plastik,” ujar IBH.