Beberapa Faktor Mengapa Anak Tidak Suka Berenang 

Posted on 107 views

DepokNews- Berenang merupakan kegiatan yang menyenangkan bagj anak-anak, sekaligus menyehatkan tubuh. Tetapi, tak semua anak menikmati olahraga air yang satu ini. Beberapa anak justru takut berenang. Apabila anak Anda adalah salah satu yang takut berenang, Anda mungkin sudah kehabisan ide untuk membujuk anak supaya mau belajar renang. 

Pasalnya, kalau sudah takut biasanya anak akan jadi keras kepala dan pandai beralasan. Hal ini sangat disayangkan karena berenang adalah salah satu keterampilan yang sebaiknya dikuasai setiap orang. Selain itu, semakin dini anak Anda belajar berenang, semakin cepat pula anak akan menguasai tekniknya. Cari tahu apa yang menyebabkan ketakutan, setelah tahu cobalah tips berikut ini.

Ada beberapa faktor yang membuatnya merasa gugup saat mau berenang. Ada banyak hal tak terduga yang sebenarnya bisa membuat buah hati Anda takut berenang.

Takut air, anak yang takut air tak hanya merasa gelisah saat berada di kolam renang. Bahkan ketika mandi atau berada di pantai, anak Anda akan jadi rewel dan uring-uringan. Hal ini bisa dipicu oleh berbagai hal. Misalnya pengalaman yang buruk soal air seperti jatuh terpeleset atau anak sering melihat orangtua atau pengasuhnya cemas jika dirinya bermain air.

Kebanyakan anak takut berenang karena tidak suka saat wajah atau kepalanya bersentuhan dengan air. Biasanya ini terjadi karena anak tak mau mata, hidung, atau telinganya kemasukan air. Hal ini akan membuat mereka panik dan kehilangan kendali terhadap tubuhnya sendiri. Jika anak Anda pernah mengalami salah satu hal tersebut sebelumnya, ia akan jadi enggan untuk masuk ke air lagi.

Banyak anak yang takut dengan kolam renang meskipun sebelumnya tak ada pengalaman buruk soal kolam atau air. Mereka hanya merasa tak nyaman kalau harus masuk ke kolam yang lebih dalam dari lutut mereka. Ini biasanya dipengaruhi oleh imajinasi seperti ada sesuatu yang menyeramkan di dalam air atau takut tenggelam.

Mungkin anak Anda tidak takut air, tapi ia merasa gugup kalau harus belajar berenang di tempat yang sangat ramai. Anak mungkin merasa tidak nyaman dengan bau zat-zat kimia seperti klorin di kolam atau jika kolam renang penuh sesak, anak Anda takut kalau akan menabrak orang lain. Jika anak Anda ikut les renang, mungkin ia merasa malu dengan teman-teman atau guru les renangnya.(mia)