Baznas dan Dinas Sosial Kota Depok Latih Pengurus Panti Asuhan se-Kota Depok Menjadi Amil Zakat yang Baik

Posted on

DepokNews — Selasa, 23 Mei 2017 bertepat di ruang Aula Gedung Perpustakaan kota Depok, Forum LKSA (Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak) kota Depok menggandeng Baznas kota Depok mengadakan pelatihan Manajemen Zakat kepada pimpinan dan pengurus LKSA se-kota Depok.

“Pelatihan manajemen zakat ini bertujuan untuk memberikan panduan mengelola dana umat berupa zakat yang sesuai dengan syariat islam dan hukum Indonesia” Ujar Badrudin selaku ketua panitia.

“Sangat bahaya sekali jika pengurus LKSA sebagai ujung tombak pengelolaan zakat yang diamanahkan umat tidak tahu ilmu pengelolaan zakat yang baik dan benar. Salah-salah niat awalnya ingin mendapat pahala malah mendapatkan dosa karena salah mengelolanya,” katanya

Hadir sebagai pembicara Dr. Rida Hesti Ratna Sari yang juga menjabat sebagai wakil ketua 1 Baznas Depok serta Setiawan Eko Nugroho, ST, M.Si sebagai wakil ketua IV.

Dalam pemaparannya, Dr. Rida mengungkapkan “Setiap Amil Zakat harus mendapat sertifikat dari Baznas kota Depok untuk melakukan pengumpulan dan pendistribusian zakat. Jika ada Amil Zakat yang tidak mempunyai sertifikat maka dapat dikatakan mereka liar atau illegal.”

Beliau juga menghimbau agar masyarakat mulai menyetorkan zakat melalui Lembaga Amil Zakat (LAZ) yang telah ditunjuk oleh pemerintah karena mereka mempunyai peta persebaran mustahik di kota Depok sehingga dampak yang dihasilkan dari distribusi zakat akan lebih tepat guna tepat sasaran.

“Mari bersama-sama dengan Baznas kita selesaikan 1% pertahun kemiskinan di kota Depok untuk menuju Depok Berdaya” tutupnya.

Baznas juga membuka diri kepada masyarakat jika ingin mengundang mereka untuk membantu mengelola zakat dengan baik dan benar. Cukup datang ke kantor Baznas yang berada di lantai 2 Masjid Besar Balaikota, Depok pada setiap hari kerja