DepokNews–Bawaslu Kota Depok mengadakan sosialisasi Pengawasan Partisipatif bagi pemilih pemula dalam pemilu tahun 2019. Kegiatan ini diikuti 120 peserta dari dari kalangan pelajar dan mahasiswa serta pramuka. Acara berlangsung pada Jumat (14/12/18) di Hotel Bumi Wiyata Kota Depok.

Lolli Suharti Komisioner Bawaslu Jawa Barat dalam pembukaan acara menyampaikan , bahwasanya peran generasi millineal sangat penting untuk mengawal Pemilu 2019. “Pemilih pemula bisa menjadi pengawas patisipatif dan melaporkan setiap pelanggaran Pemilu,” tegas Lolli

Selanjutnya materi tentang pengawasan partisipatif secara rinci disampaikan oleh Ketua Bawaslu Kota Depok, Luli Barlini secara panel bersama Bawaslu Kordiv Hukum dan Data Andriansyah dalam penyampaiannya tentang netralitas ASN dalam Pemilu 2019.

Tidak ketinggalan Komisioner Bawaslu Kota Depok Dede Selamet, Kordiv Pengawasan menyampaikan peran pemilih pemula di media sosial untuk menggunakan medsos secara tepat guna.

Dan materi terakhir disampaikan oleh Chusnul Ma’riyah, mantan Ketua KPU RI tahun 2004 – 2010 yang saat ini menjabat sebagai Presiden Direktur Center for Election and Political Party (CEPP) FISIP Universitas Indonesia.

Dalam paparannya Chusnul Ma’riyah memberikan edukasi kepada para peserta pentingnya mempelajari undang-undang dan konstitusi. “Saat ini Bawaslu sudah memiliki kewenangan dan memiliki PR yang tidak sedikit untuk itu peran partisipatif pemilih pemula sangat penting,” kata Chusnul. (Ajr)