Bawaslu Kota Depok luncurkan program Kampung Pengawasan Pilkada

Depok -Bertempat di Hotel Santika, Bawaslu Kota Depok meluncurkan program Kampung Pengawasan Pilkada Zona Integritas Pilkada (ZIP) untuk 3 Kecamatan, yaitu Kecamatan Bojongsari, Pancoran Mas dan Sawangan.

Peluncuran yang dilakukan mulai pukul 10.00 tersebut dihadiri langsung oleh Ketua Bawaslu Jabar, Bapak Abdullah Dahlan beserta tamu undangan dari unsur stakeholder, Ketua KPU Kota Depok, Kasatpol PP, Perwakilan Polres Metro Depok dan Kodim 0508 Depok.

Komisioner Jabar, Abdullah mengapresiasi Bawaslu Kota Depok yang mempunyai gagasan, yaitu kampung pengawasan pastisipatif masyarakat.

“Ini adalah satu model kampung percontohan dimana warga sama-sama melakukan pengawasan dalam pemilihan langsung.” tambahnya saat acara peluncuran di Hotel Santika, Depok. Kamis (26/12/2019).

Peluncuran Program ditandai dengan pemukulan gong, penyematan lencana kepada tim pendamping Kecamatan serta tanda tangan dukungan stakeholder terhadap program tersebut.
Selain itu peluncuran program tersebut disaksikan langsung oleh tamu undangan dari tiga Kecamatan yang menjadi objek percontohan dimana berasal dari tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan struktural Pemerintah tingkat Kecamatan serta Kelurahan.

Sementara itu, Dede Selamet Permana, Anggota Bawaslu Kota Depok yang menjadi inisiator ZIP menjelaskan bahwa kampung pengawasan pilkada adalah kampung yang di dalamnya ada keterkaitan program antara Bawaslu dengan masyarakat yang tujuannya meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan pilkada.

“Tujuannya untuk meningkatkan kualitas pengawasan partisiparif dan pendidikan politik yg lbh nyata, dengan output nihilnya politisasi SARA, HOAX, politik uang, dan kampanye hitam di wilayah tersebut. Serta masyarakat teredukasi untuk berani melaporkan dugaan pelanggaran yang ada.” tutupnya.