(Oleh Widya Nur Azizah, STEI SEBI)

Kondisi selama pandemic ini banyak mengalami perununan drastis banyaknya kerugian pada usaha kecil hingga besar, banyak karyawan yang di PHK karena perusahaan tidak mampu membayar gaji mereka sehingga tidak adanya uang pemasukan dari hasil penjualan dan para pengusaha sebisa mungkin mampu memutar otaknya untuk mencari jalan keluar dan peluang untuk tetap mempertahankan usahanya. Perilaku konsumen adalah sebagai proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan. Dilihat dari perilaku konsumen selama pandemic ini mereka mengalami banyak perubahan dan para pengusaha harus mengetahui apa saja perubahannya.

Ketika anda baru merilis usaha setelah Pandemic ini, pasti terpikir selintas ada rasa ragu dan cemas jika usaha anda mengalami kesulitan dalam membangun product branding karena melihat dari kondisi yang new normal setelah berlalu pandemic ini banyak faktor yang mempengaruhi dari segala aspek bidang yang mengalami penurunan drastis akibat dampak Covid-19. Dalam membangun product branding sangatlah tidak mudah, apalagi usaha kecil yang baru rilis ingin berkembang menjadi usaha yang besar, Sehingga anda harus berusaha lebih keras lagi agar menarik daya beli konsumen terhadap produk anda. Tetapi, jangan putus asa dalam membangun product branding yang tepat agar konsumen mengenal dan percaya dengan produk anda. Berikut beberapa tips membangun product branding yang efektif :

  1. Mencari Target Pasar

Pertama, jika anda ingin usahanya dapat berkembang dengan pesat maka perlu adanya penentuan target pasar yang tepat dan efektif sebelum memasarkan produk. Dalam menetapkan target pasar anda harus melakukan segmentasi pengelompokkan konsumen terlebih dahulu, contohnya seperti makanan ringan memilih rentan usia 13- 50 tahun, gender laki-laki dan perempuan, hobi yang suka ngemil, kalangan bawah hingga menegah, demografi Jabodetabek, status belum menikah dan sudah menikah, pekerjaan karyawan swasta, karyawan negeri, ibu rumah tangga, anak sekolahan. Sehingga dengan membidik secara spesifik maka lebih mudah untuk memasarkan produknya karena sangat penting dan anda tidak mampu melayani semua konsumen karena beragam kebutuhan dan keinginan. Selain itu, anda bisa menentukan harga per porduk sesuai dengan keuangan konsumen.

  • Memiliki Keunggulan Produk

Kedua, sebelum anda membuat suatu produk pastikan anda memiliki keunggulan produk seperti desain, kemasan, warna, motif, bahan, dan manfaat kegunaan produk anda untuk apa. Dengan menentukan keunggulan produk maka menjadi peluang dalam menarik perhatian dan minat konsumen, sehingga produk anda memiliki karakteristik yang berbeda dari produk yang lain dan jika ingin dapat dikenal oleh konsumen maka ciptakan produk yang unik, menarik, dan memiliki manfaat.

  • Buatlah Label Produk

Ketiga, tujuan dari label produk adalah memperkenalkan dan memperkuat branding anda, pastikan label produk anda dapat dilihat oleh mata konsumen. Suatu produk harus memiliki desain label produk tersendiri dan ini sangatlah penting, selain menyesuaikan nama dan keunggulan produknya, kemudian harus mencari label produk yang belum pernah digunakan oleh orang lain. Maka buatlah label produk sendiri dengan cara memilih software desain yang sesuai seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Coreldraw. Kemudian memilih warna perpaduan yang sesuai dan ketika dilihat oleh konsumen menjadi lebih tertarik, jenis huruf yang digunakan juga harus jelas dan tegas sesuai dengan nama produk yang anda jual agar mudah dibaca dan dipahami oleh konsumen, buatlah nama produk yang mudah diingat di pikiran kosumen. Sehingga dengan begitu produk anda akan lebih mudah dicari oleh konsumen, apabila anda memiliki label produk yang sama anda bisa di tuntut karena melakukan plagiarisme pada merek  produk orang lain. Maka lakukan riset terlebih dahulu sebelum anda membuat label produk karena dapat mempengaruhi pada logo, desain, dan tampilan website yang anda gunakan.

  • Logo Produk

Keempat, logo adalah sebuah gambar identitas visual yang memiliki arti dari istilah lambang tersendiri dan sangat berkaitan dengan aktivitas branding dan marketing pada produk usaha sebagai penanda kualitas bisnis sehingga membangun kesan konsumen saat membeli produk anda. Sebelum anda membuat logo maka ketahui terlebih dahulu fungsi dan tujuan logo yang anda buat, kenali kriteria logo yang baik dan efektif, dan menentukan jenis logo. Oleh karena itu, desain logo dengan menarik, simple, dan elegan agar mudah diingat oleh konsumen.

  • Promosi melalui Media Sosial

Kelima, media sosial menjadi suatu sarana yang paling ampuh untuk membangun product branding anda karena peluangnya sangat besar, selama masa Pandemic ini masyarakat lebih banyak terfokus pada media sosial untuk mengisi luang waktu selama di rumah, banyak konsumen yang membeli barang melalui market place seperti Tokopedia, Shopee, dan memilih untuk jasa pengiriman seperti Grab Send, Go Send, JnE dll. Hingga saat ini media sosial bisa menjadi wadah promosi produk usaha anda setidaknya gunakan 2 atau 3 platfrom yang dapat membantu membangun product branding bisa menggunakan Instagram Ads dan Facebook Ads untuk mempromosikan produk, giveaway, dan membagikan broadcast produk anda melalui WhastApp.

  • Copywriting

Keenam, copywriting mempunyai manfaat yang dapat menarik minat konsumen untuk membeli produk usaha, penulisan yang sesuai dengan kondisi saat ini dan memiliki dampak positif menjadi peluang dalam product branding anda, karena ketika konsumen membaca tulisannya maka mereka menjadi penasaran untuk mengunjungi profil produk anda, tetapi jangan sampai anda membuat tulisan yang terlalu panjang, bertele-tele, dan berlibet seharusnya anda cukup membuat copywriting yang simple, singkat dan mudah dipahami konsumen.

  • Testimoni

Terakhir, testimoni sangat penting karena untuk meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk anda dengan memposting di semua media sosial yang anda punya dari testimoni pembeli yang sudah pernah membeli produk anda, ini menjadi senjata yang kuat agar dapat meyakinkan kepada konsumen yang belum membeli produk anda untuk tertarik dan mencoba membelinya. Dan anda bisa juga menggunakan influencer dari artis yang memiliki dampak positif dari hasil endorsement yang anda berikan produknya untuk di review oleh mereka.

                Jadi, ada 7 tips yang dapat anda terapkan pada bisnis yang akan dijalankan setelah pandemic ini, hilangkan rasa ragu dan cemas pada diri anda, mulailah action untuk membangun usaha dari kecil terlebih dahulu, tetap semangat dalam menghadapi segala rintangan yang ada, dan bersabarlah semua proses yang anda jalani, nikmati dan akan terasa apabila usaha anda sudah besar. Selamat mencoba.