Foto: Walikota Depok Mohammad Idris saat menghadiri kegiatan Pelantikan dan Raker IPSI Kota Depok, Minggu (19/11/2017).

Banyak Penduduk Muda, Walikota Depok Alih-Guna Lahan Tuk Fasilitas

Posted on 143 views

DepokNews — Kota Depok merupakan salah satu kota yang padat penduduk.  Terhitung, 70% dari dua juta lebih penduduk di Kota Depok merupakan anak muda. Menyikapi hal tersebut, Pemerintah Kota Depok memberikan perhatian kepada anak muda berupa fasilitas.

Khususnya, kepada para atlit Pencak Silat, Walikota Depok Mohammad Idris memberikan alih penggunaan lahan pemerintah seluas 2000 meter kepada pengurus Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Kota Depok untuk digunakan sebagai Padepokan Pencak Silat di Kota Depok.

“Lahan ini bukan milik saya, tetapi milik pemerintah. Saya memberi pengalihan lahan yang digunakan untuk padepokan. Sebab, saya sangat prihatin melihat kondisi latihan pencak silat yang dilakukan anak muda. Karena itu saya berikan lahan 2000 meter untuk Padepokan Pencak Silat, semoga lahan itu bisa bermanfaat buat IPSI,”ujar Idris, Minggu (19/11/2017).

Dituturkan kembali, bahwa saat ini dirinya sedang melakukan intervensi anggaran untuk kegiatan IPSI.

“Kami akan upayakan cabor pencak silat masuk dalam lomba pelajar tingkat Kota Depok. Karena pencak silat merupakan bagian dari pembinaan anak muda,”tambahnya.

Pihaknya berjanji  akan terus memfasilitasi kegiatan anak muda terutama dalam pengembangan seni pencak silat.

“Kami berkomitmenuntuk membangun pencak silat. Kita juga perlu berkolaborasi dalam membangun Depok,”tegasnya.

Di tempat berbeda, Ketua IPSI Kota Depok Hasanudin usai dilantik mengatakan bahwa IPSI bukan hanya milik perguruan prestasi dan tradisional saja. Tetapi IPSI merupakan milik bersama. Dalam pimpinannya, ia berjanji akan bentuk generasi tangguh, berprestasi dan berahlak mulia dalam rangka mewujudkan Depok unggul, nyaman dan religius.

“Selain itu, seluruh perguruan menjunjung tinggi IPSI Kota Depok sehingga pelaksanaan kegiatan bisa maksimal dan bermanfaat bagi masyarakat Depok,” ujarnya.

Terlepas dari itu, Ketua KONI Kota Depok Amri Yusra berharap IPSI makin maju dan berkembang dibawah kepengurusan yang baru. Mengingat, selama ini perkembangan pengurus IPSI jalan ditempat.

Ia menjumlahkan, ada sekitar 50 perguruan silat di Kota Depok. Hal tersebut Ia harapkan agar semua perguruan bisa bersinergi, tumbuh dan kembang, serta timbul dan eratkan persaudaraan.

“Bukan hanya perguruan silat saja, tetapi bisa saling bersinergi dengan cabang olahraga lainnya. Mudah-mudahan dengan pengurus baru IPSI bisa maju. IPSI punya PR mengembangkan atlit tradisi dari 52 perguruan. IPSI bisa tumbuh dan berkembang asalkan tidak ada ego dalam organisasinya,” ujar Amri.