Banyak Bangunan Tinggi di Depok, Damkar Ajukan Mobil Tangga 56 meter

Posted on 7 views

DepokNews- Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Depok ajukan satu mobil tangga setinggi 56 meter. Hal ini dikarenakan pesatnya pembangunan gedung bertingkat di Depok.

“Kebutuhan penambahan sarana dan prasarana yang memadai dalam mengatasi musibah kebakaran, terutama mobil tangga yang diperuntukan untuk penanggulangan musibah kebaran di gedung bertingkat,” jelas Kadis Damkar Kota Depok Yayan Arianto.

Saat ini, lanjut Yayan sedang ada pembangunan sekitar 35 bangunan yang tinggi. Dengan begitu pihak Damkar juga harus siap untuk berjaga-jaga jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

“Kita usulkan satu unit mobil tangga setinggi 56 meter, mudah-mudahan dapat terlaksana karena ini memang kita butuhkan,” harapnya.

Dirinya juga mengatakan pihaknya akan mengajukan penambahan personel yang akan dilakukan secara bertahap sesuai dengan pos-pos yang akan dibangun. Saat ini Damkar kota Depok memiliki 235 personel dan angka tersebut dirasa masih kurang.

“Ideal perbandingannya adalah satu petugas untuk 5000 jiwa penduduk, jika saat ini Depok memiliki 2,1 penduduk maka harusnya kami memiliki 425 personel,” ujarnya.

Mengenai kasus kebakaran, dirinya mengatakan bahwa hingga bulan Maret ini kebakaran yang terjadi di kota Depok sebanyak 61 kasus. Angka ini mengalami kelonjakan 7 persen dibandingkan awal tahun lalu hingga bulan maret.

“Ada pelonjakan dan penyebabnya masih karena korsleting listrik. Untuk itu kita selalu meminta kepada masyarakat agar bisa lebih waspada,” pungkasnya.(mia)