Bantu Warga Tak Mampu, Baznas Depok Akan Bedah Rumah di 11 Kecamatan

Posted on 4 views

DepokNews — Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Depok akan melakukan kegiatan bedah rumah di 11 kecamatan. Kegiatan tersebut dilakukan agar dapat membantu warga yang tak mampu di Kota Depok.

Ketua Baznas Kota Depok, Encep Hidayat mengatakan, meskipun belum memastikan kapan waktu pelaksanaannya. Tetapi, pihaknya akan bekerja sama dengan Pemerintah Kota Depok. Pihaknya pun akan dibantu oleh RT, RW, kecamatan dan kelurahan untuk mendapatkan data Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

“ Tentu, kami akan saling bekerja sama dengan Pemerintah Kota Depok dalam menanggulangi angka kemiskinan, dengan meningkatkan rumah layak huni yang ada di Kota Depok,” katanya kepada depok.go.id, Kamis (06/04/2017).

Lebih lanjut, Encep menuturkan, pihaknya akan menargetkan satu rumah untuk setiap kecamatan. Karena itu, agar tepat sasaran, kecamatan akan melakukan pendataan.

“Apabila sudah ditetapkan waktu pelaksanaannya. Kami akan melakukan pendataan lewat 11 kecamatan yang akan dikunjungi,” ucapnya.

Selain itu, sambung Encep, pihaknya juga sedang gencar melakukan sosialisasi dengan warga Depok mengenai keberadaan Baznas. Hal tersebut agar masyarakat dapat gencar menunaikan zakatnya.

Dikatakannya, nantinya hasil zakat yang sudah dikumpulkan akan diberikan kepada penerima menjadi dua bagian yang bersifat pemberdayaan masyarakat dan bersifat konsumtif.

“Zakat tersebut berupa barang yang bersifat pemberdayaan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan mereka. Seperti kebutuhan disektor kesehatan, pendidikan dan ekonomi,” tuturnya.

Encep berharap, dengan adanya Baznas, warga Depok lebih giat lagi untuk berzakat untuk pembangunan di Kota Depok. “ Semoga dengan adanya kegiatan atau program yang kami buat ini. Dapat menjadi momentum bersama dalam pelayanan Depok menjadi lebih baik lagi ke depannya,” tutupnya.