DepokNews– Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat yang juga sebagai bakal calon Wali Kota Depok dari PKS Imam Budi Hartono ( IBH) membagikan puluhan ribu pempers bayi secara gratis kepada warga masyarakat yang punya bayi pada masa mebebaknya wabah Covid-19.

Menurut IBH, ide untuk membagikan pampers gratis tersebut muncul ketika melihat banyak para dermawan menyumbangkan sembako, hand sanitizer, APD ke masyarakat terdampak covid-19 namun belum ada pihak yang memperhatikan kebutuhan perlengkapan bayi.

“Banyak masyarakat yang di PHK, banyak yang sudah tidak punya penghasilan dan mereka itu lebih baik memenuhi kebutuhan pokok seperti sembako dibandingkan pampers. Pempers mungkin belum ada yang melirik untuk membagikan. Akhirnya saya memberikan pampers grati, tahap pertama yaitu 6.500 pempers yang disebarkan melalui flayer saya,”ujarnya IBH disela-sela memimpin timnya melayani masyarakat yang berdatangan ke rumahnya di GDC Depok untuk mengambil pampers, Sabtu (9/5/2020).

Dijelaskan IBH, setelah membagikan tahap pertama ternyata respon masyarakat sangat luar biasa bahkan ada yang tidak kebagian. Untuk itu tahap kedua dibagikan 10.000 pempers bayi.

” Saya tidak menyangka ternyata masyarakat sangat membutuhkan pampers bayi. Banyak mengalami kesulitan untuk pengadaan pampers sehingga saya datang kan lagi sekarang ini 24.000 sehingga ada lebih kurang 1.200 KK di Kota Depok yang mendapatkan pampers gratis dan tersebar di seluruh kecamatan di kota Depok,”katanya.

Untuk distribusi tahap ketiga dilakukan lewat online atau WA karena itu akan memudahkan pembagian ke masyarakat.

“Karena banyak yang minta bahkan ada dari Jakarta juga maka kita bentuk tim untuk tahap ketiga ini. Dan baginya lewat online, sebab tahap pertama dan tahap kedua itu nggak pakai online jadi siapa yang datang dia dapat,”ujarnya.

Pembagian lewat online juga dilakukan agar memudahkan masyarakat sehingga orang yang datang sudah terkonfirmasi baik ukuran pempers dan juga menjaga PSBB berjalan dengan baik.

” Kalau nggak nggak lewat medsos ini nggak terkirakan orang yang ke sini, kasihan yang belakang. Nah sekarang yang datang sudah ter alamatkan jenis ukuran sudah terkonfirmasi. Walaupun tetap ukuran di sini memang terbatas XL, m dan s,”ucapnya.

Dikatakan IBH pampers bayi tersebut didapatka gratis dari salah satu teman yang ada di Cikarang Bekasi dan mereka memberikan secara cuma-cuma dengan syarat mengajukan proposal.

“Makanya teman-teman yang dapat mari kita doakan mereka yang memberikan pempers ini agar lebih diberkahi Allah di bulan Ramadan ini. Sebab kalau ini di uangkan bisa ratusan juta,”katanya.

Sementara untuk persyaratan mendapatkan pempers adalah warga Depok dengan ditunjukkan KTP dan KK dan memiliki bayi.

” Jadi kami menerima khusus masyarakat Depok saja,”pungkasnya.