DepokNews- Bantuan berupa dua truk untuk korban pengungsian yang terdampak dari bencana tsunami di Selat Sunda beberapa waktu lalu, diberikan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

Tidak hanya itu, Moeldoko juga memberikan bantuan lain, diantaranya kasur, makanan kaleng, telur, susu, popok bayi, dan beberapa barang lain yang diperlukan para korban pengungsian.

Bantuan diberikan Muhammad Randhy, perwakilan dari Moeldoko, yang tidak bisa hadir memberikan secara langsung. Bantuan diterima Kepala Desa Sukasari Iswandi, di Kantor Desa Sukasari, Pulo Sari, Pandeglang, Banten, Sabtu (29/12/2018).

Sebelumnya, Rendy menyempatkan diri untuk menengok kondisi ruang kantor desa yang dijadikan pengungsian. Ada tiga ruangan pengungsian. Satu ruangan menampung puluhan orang, baik laki-laki maupun perempuan.

“Kami dari perwakilan dari bapak Jenderal Purnawirawan TNI Moeldoko yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan RI. Kami ke sini menyampaikan kesedihan atas terjadinya bencana tsunami di Selat Sunda ini,” tutur Randhy. 

Raut kesedihan tampak pada wajah Randhy melihat keadaan pengungsi yang hanya tidur beralaskan tikar dan sebagian dari mereka belum mendapat selimut.

“Kami sangat merasakan kesedihan juga. semoga apa yang kami berikan ini bermanfaat dan pesan dari pak moeldoko bahwa pemerintah pasti akan selalu ada untuk kalian,” ungkap dia.

“Amin,” seru pengungsi yang antusias melihat kedatangan Randhy.

Sementara itu, Kepala Desa Sukasari Iswandi mengakui jenis bantuan sebanyak dua truk tersebut merupakan bantuan yang sangat dibutuhkan para pengungsi saat ini. 

“Kami selaku dari tim relawan dan seluruh saudara kita terkena musibah mengucapkan banyak terima kasih atas semua bantuan. ini sangat bermanfaat terutama alas tidur yang memang saudara kita selama ini tidur hanya di atas tikar,” kata Iswandi

Selain itu, lanjut Iswandi, bantuan makanan yang diberikan oleh Moeldoko juga disenangi oleh para pengungsi karena cukup bervariasi untuk dimasak di dapur umum.

“Makanan siap saji seperti makanan kaleng dan telur ini memang kita butuhkan, karena biasanya pada kemarin bantuan sama, lebih banyak mi instan, air mineal, dan pakaian,” tutur dia.

Iswandi melanjutkan, sebagian bantuan dari Moeldoko diberikan langsung kepada pengungsi di kantor desa dan beberapa lokasi pengungsian terdekat. Sementara sisanya akan didistribusikan ke beberapa pengungsian di tempat lain.

“Sebagiannya lagi akan kita distribusikan ke beberapa titik, yaitu desa Sukaraja, Banjarwangi, Karyawangi, Koranji. dan juga wilayah Jiput seperti Paniis dan Pamarayan,” tandas Suwandi.(mia)