Bank sampah 01 RW 09 Kelurahan Pengasinan, Kecamatan Sawangan, Kota Depok. (Foto : Istimewa)

DepokNews – Keberadaan Bank Sampah di lingkungan RT 01, RW 09 Kelurahan Pengasinan, Kecamatan Sawangan memberikan banyak manfaat bagi warga. Selain dapat mengurangi volume sampah, pemilihan juga dapat mendatangkan keuntungan berupa uang tunai ataupun barang.

Ketua RT 01, RW 09, Pengasinan, Pujianto mengatakan, bank sampah yang telah berdiri sejak tahun 2008 ini telah dimanfaatkan oleh setidaknya 53 Kepala Keluarga (KK) dari 55 KK yang secara rutin menyetorkan sampah rumah tangganya. Sampah tersebut merupakan sampah yang tidak dapat terurai, seperti  botol berbahan plastik dan kaca, besi, kardus plastik maupun kertas.

“Sampah itu bukan sekedar barang yang sudah dipakai, namun sampah itu adalah berkah, sampah itu adalah rupiah,” katanya, kemarin, Jumat (01/10/21).

Dirinya menjelaskan, pihaknya masih terus membangun kesadaran masyarakat dalam mencintai lingkungan dengan memilah sampah rumah tangga. Dengan mengutamakan nilai ekonomi sebagai pancingan kepada warga.

“Jadi kita mengusung manajemen perbankan, hasil dari sampah yang disetor ditabung dan bisa diambil jika saat dibutuhkan,” tuturnya.

Di tempat terpisah, Camat Sawangan, Anwar Nasihin meminta kepada masyarakat di wilayahnya untuk melakukan pemilahan antara organik, non organik dan sampah B3. Dengan menghubungi pemilik bank sampah untuk mendapatkan informasi yang tepat.

“Semoga tumbuh kesadaran masyarakat dalam memilah sampah. Sebab, sampah juga dapat dimanfaatkan,” tutupnya. 

Sumber : depok.go.id