DepoNews Akibat curah hujan dari hari Selasa (31/12/2019) pukul 13:20 Wib hingga Rabu (1/12/2019) saat ini mengakibatkan air dari kali Pesanggrahan dan beberapa kali di Kota Depok meluap ke pemukiman warga.

Akibat luapan air tersebut sebagian rumah warga RW 04 di Kelurahan Pasir Putih, Sawangan Depok terendam banjir hingga setinggi atap rumah terlihat beberapa warga memilih mengungsi

“aneh seharusnya dengan pembangunan jembatan yang menjadi solusi justru malah menambah masalah baru,” cetus Yudi selaku mantan RW 02 kelurahan Pasir Putih.

Dijelaskan Yudi pembangunan proyek jembatan yang diharapkan warga sebagai solusi untuk menghindari banjir justru menambah masalah baru bagi warga yang ada disekitar atau pengguna jalan.

“pembangunan jembatan ini kan menggunakan APBD kota Depok, seharusnya pihak konsultan dan pelaksana bisa melihat kondisi sebelumya, bukan menyelesaikan masalah malah nambah masalah,”ungkap Yudi.

Selain itu Yudi dan warga meminta kepada kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (Kadis PUPR) Kota Depok, untuk menindak tegas pengembang dan konsultan atas hasil pekerjaan yang sudah tidak sesuai dengan permintaan warga.

“seharunya tanggul jambatan rata dengan jalan yang menurun, bukan seperti ini, mana ketinggian jembatan juga belum maksimal sehingga masih menyebabkan banjir,”katanya lagi.

Sementara Itu banjir juga terjadi di Kampung Lio, Kelurahan Depok, salah satu warga, Haji Aman Taher mengatakan banjir bukan pertama kali terjadi. Namun setiap kali hujan deras kata dia tetap mengalami banjir.

” Sekarang ini warga bergotong royong bersama-sama untuk normalisasi banjir dengan berbagai cara yang mereka lakukan, agar banjir bisa berhenti sehingga air tidak lagi masuk dalam mesjid Baiturrahman,”ujarnya

Ia juga berharap kepada pemerintah kota Depok agar segera normalisasi sungai atau kali agar tidak terjadi lagi banjir

” Pemerintah juga mohon untuk segera membantu warga yang terdampak banjir,”ujarnya.

Diketahui berdasarkan informasi yang dihimpun hari ini hampir sebagian wilayah di Kota Depok terjadi banjir dan longsor. Longsor yang terparah terjadi di Wilayah Pasir Putih Sawangan dan Keluaran Jati Jajar Kota Depok.