Baksos Di Kampung Cina, Wujud Pembauran FPK Pondok Jaya Depok

Posted on 657 views

DepokNews — Sebagai Forum Mandatori yang diamanah kan pemerintah untuk menyerap aspirasi masyarakat di bidang pembauran sudah semestinya Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) dapat berbaur dengan seluruh elemen dari berbagai latar belakang etnis,suku,ras dan agama.

Sebagai wujud pembauran, Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kelurahan Pondok Jaya Kecamatan Cipayung Kota Depok mengadakan Bakti Sosial (Baksos) berupa pelayanan Cek asam urat dan gula darah Gratis untuk masyarakat kampung Utan Jaya Rt.01 dan 08 Rw.04 yang mayoritas warganya beretnis Cina, wilayah ini biasa disebut kampung Cina oleh masyarakat di sekitar nya. Selain itu Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kelurahan Pondok Jaya juga menggandeng Komunitas Tangan Peduli Lingkungan (Tape Uli) Untuk mensosialisasikan tentang kepedulian terhadap lingkungan dengan memilah sampah melalui Bank Sampah.

Kegiatan Bakti Sosial (Baksos) ini diadakan dirumah keluarga yang beretnis cina beragama Konghucu yaitu keluarga Bapak Toni yang bermarga Thauw dan ibu Uwin yang bermarga Tee. Di rumah Keluarga Bapak Toni ini terdapat sebuah Cetya yaitu sebuah altar tempat peribadatan agama Konghuchu yang dimiliki oleh sebuah keluarga.

Bapak Husin Selaku Ketua Rt.08 Rw.04 menjelaskan bahwa warga etnis Cina di wilayah nya sudah beraneka ragam agamanya, ada yang beragama Islam, Nasrani dan Juga Konghucu.

” Di saat ada sebagian masyarakat yang masih mengedepankan ego agama dan etnis nya, Saya sangat mengapresiasi Kegiatan Bakti Sosial dari Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kelurahan Pondok Jaya di wilayah saya yang tidak melihat latar belakang agama dan etnis. Mudah mudahan dengan ada nya kegiatan ini bisa terwujudnya kondusifitas di masyarakat kita.” Bapak Husin Menambahkan. (Wandi)