DepokNews- Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok melalui Kelompok Kerja (Pokja) Pengarusutamaan Gender (PUG) hari ini menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Focal Point PUG. Kegiatan ini dihadiri oleh Perangkat Daerah (PD) terkait.

“Hari ini kami menggelar Rakor terkait strategi PUG yang dilaksanakan di Kota Depok. Kami turut mengundang focal point dari tiap-tiap PD,” kata Ketua Kekompok Kerja (Pokja) PUG Kota Depok, Widyati Riyandani belum lama ini.

Widyati mengatakan, kegiatan kali ini membahas terkait beberapa hal. Di antaranya strategi PUG serta perencanaan dan penganggaran responsif gender.

Dia berharap, lewat Rakor tersebut dapat meningkatkan pemaham focal point di setiap PD terkait PUG. Sebab, imbuhnya, perencanaan responsif gender merupakan suatu keharusan dan kebutuhan karena hal tersebut merupakan amanah dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia.

“Kemudian juga semaksimal mungkin bisa menganalisis progam kegiatan responsif gender yang memang terukur,” ujarnya.

Lanjutnya, terukur berarti program kegiatan yang sedang dianalisis tersebut memenuhi kebutuhan masyarakat. Seperti akses, peran, kontrol dan manfaat bagi masyarakat dapat terpenuhi.

“Semoga tahun ini Kota Depok dapat meningkatkan posisi menjadi mentor pada raihan Anugrah Parahita Ekapraya, dari yang sebelumnya di posisi utama,” tutupnya.(Mia)