DepokNews – Sebanyak 30 yatim di Kota Depok menerima santunan dari Lemabaga Sosial Zakat Sukses yang diselenggarakan di kediaman Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono, Cluster Acacia Grand Depok City (GDC).

Ke-30 yatim yang menerima santunan itu berasal dari berbagai pelosok Kota Depok sebagai simbolis, sementara keseluruhan santunan dilakukan Zakat Sukses kepada lebih dari 1.400 anak.

Direktur Utama Zakat Sukses, Sunarto Zulkifli menerangkan, santunan diadakan dalam rangkaian pihaknya menyambut datangnya Bulan Suci Ramadhan 1442 H.

“Ini rangkaian kami berbagi kebahagiaan kepada yatim sebagaimana yang diperintahkan Allah SWT melalui Nabi Muhammad SAW,” kata Sunarto mengawali sambutan, Jumat (9/4/2021).

Sunarto menyampaikan, kebahagiaan menyambut Bulan Suci Ramadhan wajib dirasakan semua Umat Islam tanpa terkecuali. Karena itu kata dia, Zakat Sukses mengajak segenap masyarakat yang taraf ekonominya diatas agar bersedia ikut berpartisipasi.

“Ayo bershodakoh, kiranya Allah SWT membalas semua pihak yang telah membahagiakan anak yatim,” pungkasnya.

Dua hari sebelumnya, Zakat Sukses melaunching program Tukar Jelantah atau minyak sisa dan peresmian Bank Sampah di Kantor Kecamatan Cimanggis.

Acara tersebut juga diresmikan oleh Imam Budi Hartono dengan didampingi Kepala DLHK, Ety Suryahati dan Anggota Legislatif Fraksi PKS, Ade Supriyatna.

Program zakat Jelantah tersebut dijrelaskan Sunarto seperti bagi yang ingin mengambil nilai ekonomis dihargai Rp.8 ribu per-kilogramnya.

“Kalau ada yang mau zakat dengan jelantah, hasil dari sumbangan minyak sisa tersebut kita jadikan uang dan kita distribusikan kepada mereka yang menbutuhkan,” tambahnya.

Selain jelantah, Zakat Sukses juga membuat program Mie Ayam “Goceng”. Goceng merupakan singkatan dari Gotong Royong dan Cengli.

Dengan bermodalkan Rp.250 ribu, satu orang pengusaha per-RW diberikan kesempatan membuka mie ayam dengan harga ekonomis tersebut.

“Jadi bersama-sama dapat uang, itu singkatan Goceng. Uang yang Rp.250 ribu sebagai pendaftaran itu nantinya dikembalikan kepada pengusaha dalam bentuk modal mie ayam goceng sebanyak 40 porsi dan beberapa fasilitas lainnya,” katanya.

Lebih jauh dia menjelaskan, target Zakat Sukses menciptakan 900 orang pengusaha mie ayam goceng, saat ini sudah mencapai 180. “Ini bagian dari mendukung program WFH,” pungkasnya.