Oleh: Ustadzah Hj. Nur Azizah Tamhid

A. Definisi Al-Qur’an (Ensiklopeida Islam)
Adalah kalam (perkataan) Allah SWT yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril dengan lafal dan makna. Al-Qur’an sebagai kitab Allah menempati posisi sebagai sumber pertama dan utama dari seluruh ajaran Islam dan berfungsi sebagai petunjuk atau pedoman hidup bagi umat manusia dalam mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat.


“Dan sungguh, (Al-Qur’an) ini benar-benar diturunkan oleh Tuhan seluruh alam, yang dibawa turun oleh Ar-Ruh Al-Amin (Jibril) ke dalam hatimu (Muhammad) agar engkau terasuk orang yang memberi peringatan, Dengan bahasa arab yang jelas.”
(QS. Asy-Syu’araa : 192–195)

“Sungguh Al-Qur’an ini memberikan petunjuk ke (Jalan) yang paling lurus, dan memberi kabar gembira kepada orang mukmin yang mengerjakan kebajikan, bahwa mereka akan mendapat pahala yang besar.” (QS. Al-Israa’ : 9)

B. Keistimewaan Al-Qur’an 
1.) Tidak terdapat makna-makna yang berlawanan dan tidak ada penyimpangan dari kebenaran
2.) Tidak terdapat kebatilan baik pada masa lalu dan yang akan datang
3.) Al-Qur’an terpelihara exsistensinya
4.) Orang yang menekuni Al-Qur’an akan diberi kenikmatan-kenikmatan yang lebih baik dari pada yangtelah diterima oleh yang lain
5.) Memperbanyak membaca Al-Qur’an mendatangkan syafa’at
6.) Belajar dan mengajarkan Al-Qur’an adalah sebaik-baiknya amalan.

“Segala puji bagi Allah yang telah menurunkan Al-Kitab (Al-Qur’an) kepada hamba-Nya dan dia tidak menjadikanya bengkok.” (QS. Al-Kahfi : 1)

“Yang tidak didatangi oleh kebatilan baik dari depan maupun dari belakang (pada masa lalu dan yang akan datang), yang diturungkan dari Tuhan Yang Maha Bijaksana lagi Maha Terpuji.”
(QS. Fusshilat : 42)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here