DepokNews – Calon Wakil Walikota Depok nomor urut 2, Ir. H. Imam Budi Hartono melakukan kunjungan warga di Kawasan Pengasinan, Kecamatan Sawangan, pada hari minggu (18/10/2020). Turut hadir lebih dari 30 orang yang terdiri dari Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Ketua RT, Ketua RW dan Relawan.

Diawal sambutannya, Imam menjelaskan mengenai rencana pengembangan kawasan barat sebagai janji kampanye dengan membangun alun-alun dan taman hutan kota sebagai pusat kegiatan masyarakat Kota Depok.

“Perihal pengembangan kawasan, rencana Pemerintah Kota Depok akan membangunkan alun-alun dan hutan kota di daerah Pasir Putih, sehingga bagi warga Pengasinan tidak perlu jauh-jauh ke daerah GDC untuk menikmati alun-alun Kota Depok. Selain itu, kini sudah ada Tol Sawangan – Antasari yang memudahkan warga Depok bagian barat untuk menuju Jakarta dan keluar kota”, ujar Imam.

Menanggapi perihal tersebut, warga menyambut baik gagasan yang ditawarkan oleh Imam untuk melakukan pengembangan kawasan bagian barat. “Kami berharap Depok kawasan barat, khususnya daerah Bojong Sari dan Sawangan dapat lebih dikenal oleh banyak orang, sehingga adanya kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Pengasinan yang menjadi bagian dari Kota Depok”, ucap warga.

Menanggapi hal tersebut, Imam menjelaskan bahwa tidak hanya Margonda yang menjadi pintu untuk memasuki Kota Depok, sehingga tidak heran jika banyak masyarakat luar kota yang hanya mengenali margonda dibandingkan dengan daerah-daerah lainnya.

“Sebenarnya tidak hanya margonda yang menjadi gerbang masuk Kota Depok,  kami ingin ada banyak askes bagi warga untukkeluar dan masuk kota, tentunya dengan infrastruktur jalan yang representative, Oleh karena itu Idris Imam menawarkan program 5 Milyar setiap kelurahan untuk bisa dipergunakan dalam pengembangan kawasan.” Ucap Imam

Imam juga menilai program dana 5 Milyar Per kelurahan tersebut merupakan upaya untuk bisa mengurangi citra pembangunan yang hanya berfokus di Margonda. Selain itu, status jalan raya sawangan sekarang sudah berubah menjadi aset jalan nasional yang sebelumnya aset Kota Depok. Sehingga diperlukan advokasi ke tingkat nasional agar ruas Jalan Sawangan bisa dibangun secara memadai untuk menyesuaikan jumlah kendaraan dan kepadatan yang ada.

“Kedepan, kami akan mengupayakan komunikasi intensif kepada pemerintah pusat agar menurunkan APBN dalam pelebaran ruas jalan raya sawangan untuk mempermudah dan memperluas akses menuju kawasan barat Kota Depok, selain itu kami juga meningkatkan pembangunan ruas jalan pendukung dengan APBD agar meningkatkan kenyamanan Warga”, tutup Imam.