Atasi Banjir di Perumahan Bukit Cengkeh dan Taman Duta, Dinas PUPR Normalisasi Kali Baru

Posted on

DepokNews — Persoalan banjir di kawasan Perumahan Taman Duta dan Bukit Cengkeh Kecamatan Cimanggis, terus dicarikan solusinya oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok. Salah satunya, dengan melakukan normalisasi Kali Baru yang berada di Pal Kecamatan Cimanggis.

“Kami sudah melakukan normalisasi Kali Baru yang berada di bawah Jembatan Pal. Saat ini bisa dicek, lokasi tersebut sudah bebas sampah. Kami telah mengerahkan seluruh tim Satuan Petugas (Satgas) Banjir untuk maksimal mengangkat sampah,” ujar Kepala Dinas PUPR Kota Depok, Manto, di Balaikota, Selasa (07/03/17), seperti dikutip depok.go.id

Diakuinya, banjir kerap datang ketika hujan lebat tiba. Intensitas hujan membuat kali tersebut meluap. Sedangkan kapasitas kali cukup terbatas.

“Perumahan Taman Duta dan Bukit Cengkeh dilewati oleh Kalilaya, sehingga membuat air luber kalau intensitas hujannya tinggi. Kalilaya dapat kiriman air dari Setu Pangarengan, Kali Jantung, dan Setu Bahar juga. Daya tampung kali terbatas, sehingga airnya luber,” jelasnya.

Dikatakan Manto, pihaknya telah melakukan berbagai antisipasi untuk menghadapi banjir yang menjadi langganan di dua perumahan tersebut. Keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM), tidak membuat Dinas PUPR mengabaikan laporan warga terhadap musibah yang sering datang ketika musim hujan tiba.

“Sebisa mungkin akan kami tangani dengan Satgas yang kita miliki. Mudah-mudahan warga juga bisa menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan, apalagi ke kali atau sungai,” pinta Manto