Asuransi Mikro Syariah Solusi Untuk Rakyat Miskin

Posted on

Oleh: Andi Rayatul Islam  (Mahasiswa STEI SEBI)

Belakangan ini sudah banyak bantuan kemanusiaan yang di berikan oleh pemerintah dan program yang dapat membantu mengurangi beban rakyat miskin di Indonesia. Adapun contoh yang dapat membantu mengurangi beban rakyat miskin di Indonesia seperti Asuransi Mikro. Asuransi Mikro  memiliki sebuah prinsip yaitu prinsip sosial, dimana Asuransi Mikro ini memberikan perlindungan asuransi untuk rakyat miskin. Asuransi Mikro adalah produk asuransi yang diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah yang sederhana fitur dan administrasinya, mudah didapat, ekonomis harganya serta segera dalam penyelesaian pemberian santunannya. Dalam grand desain asuransi mikro Indonesia, masyarakat berpenghasilan rendah didefinisikan sebagai masyarakat dengan penghasilan per bulan tidak lebih dari Rp 2,5 juta.

Seiring pertambahan waktu dan zaman, berkembanglah  Asuransi Mikro berbasis Syariah (Mikro Takaful) dimana Micro Takaful ini  bertujuan untuk memberikan perlindungan berbasis syari’ah kepada orang miskin dan kurang mendapat hak Individu dengan biaya terjangkau. Menurut badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah penduduk miskin Indonesia 28,01 juta atau 10,86 persen pada Maret 2016, berkurang dibanding September 2015 yang tercatat 28,51 juta orang atau 11,13 persen. Disamping itu Indonesia sebagai Negara mayoritas beragama islam dengan tingkat presentase yaitu 85% yang menambah potensi perdagangan Asuransi Mikro Syariah di indonesia.

Asuransi Mikro Syariah ini sangat membantu rakyat miskin dimana rakyat miskin bisa untuk berasuransi dengan premi atau biaya asuransi yang murah bermulai dari Rp.10.000,- sampai maksimal Rp. 50.000,- . dimana Asuransi Mikro Syariah ini memberikan sebuah jaminan terhadap risiko meninggal dunia karena sakit. Santunan pemakaman pada Tertanggung yang meninggal dunia karena sakit, meninggal dunia karena kecelakaan dan hilangnya penghasilan karena kebakaran, bencana alam, pencurian, perampokan terhadap rumah tempat tinggal, atau kendaraan, atau kios dll.

Tetapi Asuransi Mikro Syariah ini harus benar benar di dukung oleh pemerintah dan lembaga pihak terkait, karna pemerintah dan lembaga pihak terkait sangat berperan penting untuk keberlangsungan Asuransi Mikro Syariah tersebut. Tanpa campur tangan pemerintah dalam bentuk subsidi dan sumbangan dari pihak dana terkait, Asuransi Mikro Syariah ini takan berjalan lancar, karna ini sangat penting untuk memastikan rakyat miskin tidak terbebani oleh premi dengan adanya bantuan dari pemerintah atau lembaga terkait.