DepokNews–Ratusan jemaah yang terdiri dari para Aparatur Sipil Negara (ASN) dan warga sekitar lingkungan Kantor Pemerintah Kota Depok menggelar sholat gerhana di Masjid Balai Kota Depok. Kamis (26/12/2019).

Sholat gerhana tersebut dilaksanakan pada pukul 12:10 WIB atau baadah sholat Dzuhur. Dalam khutbah singkat usai pelaksanaan sholat gerhana, Wali Kota Depok, Muhammad Idris mengatakan sholat gerhana matahari merupakan anjuran dari nabi Muhammad Saw.

” hadits nabi menjelaskan bahwasanya gerhana matahari bukan hanya fenomena alam biasa. Itu sangat terkait tanda kekuasaan Allah di muka bumi ini,”ujarnya.

Dijelaskan Idris pada jaman jahiliah pernah terjadi gerhana matahari. Pada saat itu, masyarakat menggambarkan bahwa gerhana tersebut disebabkan kematian seorang tokoh.

“jaman jahiliah gerhana matahari dikaitkan dengan kematian tokoh atau seseorang. Tapi Rasulullah membantah hal tersebut dan mengatakan bahwa gerhana adalah tanda kekuasaan Allah,”katanya..

Selanjutnya ketika gerhana terjadi dan tanda alam lainnya, Rasulullah menganjurkan kepada umat Islam agar selalu mengingat Allah.

” Dan diwajibkan kita berdoa atau mengingat Allah setiap ada gejala alam. Begitupun ketika petir, hujan dan gejala lainnya. Bahkan dalam perjalanan kita harus berdoa dan mengingat Allah dengan doa yang diajarkan,”ungkapnya..

Selain itu setiap peristiwa yang terjadi dalam kehidupan merupakan
tanda kekuasaan Allah, begitu pun dengan teror ular yang terjadi di Kota Depok.

“mari kita berdoa kepada Allah agar kita dijauhkan dari semua mara bahaya,”tuturnya.