DepokNews– Komando Distrik Militer (Kodim) 0508/Depok terus melakukan berbagai upaya dalam menghadapi musim hujan. Hal yang dilakukan yaitu membangun Posko bencana yang sudah berdiri di Kodim 0508/Depok sejak Februari 2020.

Komandan Distrik Militer (Dandim) 0508/Depok Kolonel Inf. Agus Isrok Mikroj mengatakan posko bencana ini didirikan sebagai salah satu upaya untuk memitigasi bencana yang terjadi di Kota Depok

“Mitigasi bencana kami lakukan sebagai langkah antisipatif, baik menyiagakan personel dan material salah satunya Posko bencana yang sudah dibangun sejak Februari 2020,” kata Agus, Jumat (09/10/20).

Didalam posko bencana tersebut kats Agus dilengkapi dengan tempat tidur lipat dan peralatan dapur umum lengkap. Hal itu untuk mengantisipasi jika ada warga yang harus mengungsi karena tertimpa bencana.

”Selain posko bencana, kami juga memiliki dua perahu karet dan dua perahu besi, beberapa pelampung untuk upaya penyelamatan dilokasi bencana,” tuturnya.

Lebih lanjut, ucapnya, pihak Kodim Depok juga telah memetakan lokasi-lokasi rawan bencana di Kota Depok. Kemudian di tingkat kecamatan, Komando Rayon Militer (Koramil) juga sudah diinstrusikan untuk memantau lokasi rawan bencana tersebut. Seperti di Perumahan Bukit Cengkeh Kecamatan Cimanggis atau Komplek Marinir di Kecamatan Limo.

Kolonel Agus menambahkan, prinsipnya Kodim Depok siap bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam upaya penanggulangan bencana. Menurutnya, koordinasi dengan Pemkot dan Polres Metro Depok selama ini terjalin dengan sangat baik.

“Sejumlah kegiatan yang melibatkan masyarakat seperti membersihkan lingkungan juga sering kali digelar. Sebab setiap upaya yang kami lakukan sangat membutuhkan peran aktif masyarakat mulai dengan menjaga kebersihan lingkungannya. Kami selalu siap membantu masyarakat Kota Depok,” tandasnya.