Antisipasi Kebakaran, KUPTD Pembuangan Sampah Cipayung Himbauan Masyarakat Tidak Bakar Sembarangan

Depoknews–Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung, Ardan Kurniawan mengimbau masyarakat untuk tidak membakar sampah secara sembarangan, terutama di musim kemarau seperti saat ini. Pasalnya, api bisa merembet ke benda-benda yang ada di sekelilingnya dan bisa menimbulkan kebakaran.

“Hindari membakar sampah apalagi membuang puntung rokok sembarangan. Itu bisa memicu kebakaran, karena kita sedang dilanda musim kemarau,” ujarnya, Selasa (11/08/20).

Ardan menjelaskan, kemarin (10/08) pihaknya menemukan laporan adanya kebakaran di lahan TPA Cipayung. Disinyalir, hal ini terjadi akibat faktor cuaca yang sangat panas. Terlebih, sampah mengandung gas metan yang mudah terbakar.

“Endapan sampah mengandung gas metan dan ini menjadi pemicu kebakaran. Untuk itu kami imbau, jangan memancing terjadinya kebakaran. Baik di pembuangan sampah, maupun di lingkungan tempat tinggal,” ucapnya.

Dikatakannya, kebakaran terjadi pada pukul 13.30 WIB. Hamparan yang luas dengan rerumputan kering, membuat api dengan cepat merambat, sehingga petugas kesulitan memadamkan api. Beruntung, tidak ada korban jiwa dan kerugian materil dalam kejadian ini.

“Lahan yang terbakar sekitar 100 meter persegi dan merupakan lahan kosong. Selain petugas TPA Cipayung, kami juga memanggil Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar). Satu jam kemudian, api berhasil dipadamkan. Mudah-mudahan kejadian ini tidak terulang lagi dan masyarakat bisa lebih waspada terhadap potensi kebakaran di kawasan TPA Cipayung,” tutupnya.