Antisipasi Hujan Satgas PUPR Depok Normalisasi Titik Banjir

Posted on 681 views
DepokNews- Sebagai upaya memperkecil serta mengantisipasi banjir lokal maupun kiriman saat hujan, di beberapa titik rawan banjir akibat pendangkalan lumpur dan penyempitan. Satgas Sumber Daya Air (SDA) dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok, melakukan normalisasi.
Kepala PUPR Kota Depok, Manto Djorghi mengatakan normalisasi bertujuan untuk memperkecil terjadinya banjir lokal akibat luapan sejumlah saluran air, anak kali, kali dan sungai serta setu.
“Sebetulnya untuk kegiatan normalisasi, dengan mengeruk material lumpur maupun bebatuan yang ada di kali dan sungai dilakukan rutin setiap saat. Termasuk pemeliharaan kawasan tersebut seperti pembersihan sampah buangan, rumput dan lainnya yang kerap menyumbat aliran air,” terang Manto.
Manto melanjutkan, untuk kegiatan pengerukan lumpur atau lainnya yang membuat dangkal badan kali maupun sungai tentunya harus menggunakan alat berat atau ekskapator seperti di Kali Enggram, Sawangan Baru dan Kali Jantung Perum Tirta Mandala, Sukamaju, Cilodong dan Kali Pesangrahan.

Kegiatan tersebut dibantu tim anggota Satuan Tugas Bidang Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Kota Depok untuk melakukan normalisasi drainase di jalan-jalan utama Kota Depok.

“Selama satu bulan lebih kami juga melakukan pengerukan lumpur di Situ Pengasinan, menggunakan alat berat karena kondisi sudah dangkal,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang SDA Citra Indah Yulianti menambahakan, dalam kegiatan nirmalisasi kali, sungai dan situ pihaknya melibatkan Satgas Banjir yang hampir setiap hari melakukan pembersihan sampah dan lainnya di salutan air, kali, sungai dan situ di Depok.

“Satgas banjir siap siaga, longsor pun kami melakukan penanganan pertama,,” tan