Antisipasi Banjir, DPUPR Depok Buat Tanggul Sementara di Mekarsari

DepokNews- Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok terus melakukan upaya dalam menangani banjir. Termasuk dengan pemasangan tanggul, seperti yang dilakukan di RW 13 Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Cimanggis.

“Banjir Sabtu (20/02) lalu diakibatkan oleh jebolnya tanggul Kali Cipinang dan menyebabkan air meluap ke Perumahan Kenari. Untuk itu, kami lakukan dengan pemasangan karung berisi pasir,” ujar Kepala DPUPR Kota Depok, Dadan Rustandi, Senin (22/02/21).

Dikatakannya, pemasangan karung pasir dilakukan sepanjang kurang lebih 20 meter, sesuai dengan ambruknya tembok pagar. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, tetapi sebanyak 78 Kepala Keluarga (KK) terdampak banjir.

“Kemarin kan hujan deras seharian, debit air di Kali Cipinang sangat tinggi hingga tembok tidak mampu menahan laju air. Memang banjir, namun di hari itu juga langsung surut,” terangnya.

Dadan menyebut, setelah dilakukan penanganan sementara, pihaknya akan berkoordinasi dengan pemangku wilayah setempat. Langkah ini guna memutuskan perlu dilakukan penanganan permanen atau diserahkan ke warga.

“Itu kan bukan turap yang ambrol, jadi penanganan dari kami ya hanya dengan pecegahan agar jika debit air tinggi, tidak keluar ke perumahan warga,” tutupnya.