Pilgub Jabar (Istimewa)
DepokNews- Perolehan angka partisipasi pemilih dalam Pilgub Jawa Barat, mengalami kenaikan hingga 70 persen, dari sebelumnya di angka 62 persen. Hal ini tentu diapresiasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Barat.
Ketua Bawaslu Jawa Barat, Wasikin mengatakan keberhasilan ini merupakan salah satu kerja keras yang dilakukan semua pihak dalam menyukseskan Pilkada di Jawa Barat.

“Saya mengapresiasi pemilih yang tersebar di Jawa Barat, karena adanya peningkatan jumlah partisipasi pemilih,” jelasnya beberapa waktu lalu.

Wasikin melanjutkan, keberhasilan tersebut tidak lepas dari dukungan sosialisasi yang secara khusus dilakukan oleh KPU Jawa Barat, Bawaslu, Kesbangpol hingga ke pihak universitas.

“Semua usaha yang dilakukan secara maksimal berdampak pada keberhasilan pelaksanaan pilkada yang jumlah partisipasi jauh meningkat dari sebelumnya,” katanya.

Dirinya menilai angka partisipasi Pilkada di Jawa Barat akan mampu terus naik hingga seluruh data pemilih masuk ke KPU Jawa Barat. “Bisa di angka 71 persen jelas dia,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua KPU Jawa Barat, Yayat Hidayat memastikan angka partisipasi pemilih telah mencapai 72 persen. Kabar itu tentunya sangat menggembirakan seluruh pihak, khususnya KPU Jawa Barat. Dengan hasil yang ada, membuktikan jika usaha yang telah dilakukan selama ini menuai hasil yang optimal juga.

“Hingga saat ini data yang masuk di hitung cepat sudah menunjukan angka partisipasi pemilih mencapai 72 persen. Kami rasa ini merupakan keberhasilan semua pihak yang telah mendukung jalannya pilkada serentak di Jawa Barat,” tuturnya.

Dia mengatakan selama proses pemungutan suara, rasa aman terjamin karena peran Polri dan TNI. Begitu pula pemberitaan media massa yang pada umumnya menyejukkan dan tidak provokatif. Sehingga para pemilih memiliki banyak informasi untuk menentukan pilihan.(mia)