DepokNews– Mahasiswa Universitas Gunadarma Jurusan Akuntansi, Anggun Sabda membeberkan bahwa sudah dua tahun dirinya menjadi relawan pajak. Hal tersebut diungkapkan mahasiswa semester 7 ini saat diwawancarai depoknews.id di Kampus Gunadarma saat mengikuti seminar nasional terkait pajak, Jumat (24/1/2020).

Menurutnya menjadi relawan pajak merupakan hal yang menarik bagi dirinya. Sebab tugas relawan pajak yaitu membantu wajib pajak untuk mengisi SPT untuk dilaporkan SPTnya menggunakan aplikasi online  E-Filing.

“Tugas kami sebagai relawan pajak salah satunya membantu petugas Kantor Pelayanan Pajak (KPP) dalam melayani wajib pajak. Bisa dikantor KPP atau di tempat lain,” kata   Anggun Sabda .

Dengan menjadi relawan pajak Anggun Sabda bisa membantu masyarakat awam yang tidak tahu cara pengisian SPT atau hal lain menyangkut perpajakan.

“Kadang mereka bingung bagaimana cara lapor SPT, walaupun setiap tahun mereka lapor SPT. Nah dengan adanya aplikasi  E-Filing ini kita bisa mengarahkan untuk lapor SPT di rumah. Walaupun sebenarnya setiap tahunnya mereka tetap datang ke kantor pajak,”kata wanita yang bercita-cita jadi konsultan pajak ini.

Dijelaskan Anggun Sabda, sebelum diterima sebagai relawan pajak, harus mengikuti tahapan seleksi tertulis dan wawancara serta mengikuti pelatihan.

“Semoga kami semua sebagai relawan pajak bisa membantu masyarakat secara optimal, dan kelak jika sudah punya penghasilan bisa menjadi contoh, menjadi warga negara yang patuh dalam membayar pajak, demi kemajuan dan kesejahteraan bersama, sebagai warga negara,” pungkas Anggun Sabda.