DepokNews– Rombongan Komisi VI DPRD Jawa Barat kembali melakukan peninjauan Situ Rawa Kalong di Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok. Senen (18/1/2020).

Anggota DPRD Jawa Barat dari Partai Amanat Nasional (PAN) Hasbullah Rahmad menghimbau kepada pabrik-pabrik yang ada di sekitar Rawa Kalong tidak membuang lagi limbah ke kawasan perairan situ tanpa diolah di Instalasi Pengolahan Limbah (IPAL) terlebih dahulu.

” Sangat disayangkan bila Rawa Kalong yang sudah dianggarkan penataannya baik dari alokasi anggaran pemerintah pusat, BBWSCC, APBD Provinsi Jawa Barat dan APBD kota Depok jika pabrik di sekitar Rawa Kalong masih membuang limbah mereka tanpa diolah dahulu,”ujarnya.

Hasbullah mengungkapkan bahwasanya pihaknya akan terus melakukan koordinasi dengan dinas lingkungan hidup kota Depok dan juga provinsi Jawa Barat agar terus melakukan monitoring terhadap pabrik-pabrik tersebut untuk memaksimalkan IPAL mereka.

“Maka saya menghimbau sekaligus meminta komitmen bersama semua pihak baik pengelola pabrik dan termasuk warga masyarakat Depok untuk menjaga bersama Rawa Kalong agar tetap bersih dan terawat baik,” tegasnya.

Hasbullah Rahmad juga menerangkan, pihak Pemprov melalui Dinas Sumber Daya Air Provinsi Jawa Barat akan menganggarkan sekitar Rp 28 miliar pada tahun ini.

“Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat memastikan akan melanjutkan kembali kegiatan. Makanya kunjungan kami ini dalam rangka memastikan terkait rencana tersebut,”pungkasnya.