DepokNews-Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok Fraksi Partai Keadilan Sejahtera, Farida Rachmayantu meninjau Launching Gerakan 100.000 Biopori di RW 06 Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Beji.

Gerakan pembuatan biopori itu dinamakan Alami Berseri, singkatan dari Ayo Selamatkan Bumi, Berpartisipasi Membuat Serapan Biopori. Farida memuji ide masyarakat peduli lingkungan di Tanah Baru tersebut.

“Alhamdulillaah ya aya bisa melihat proses pembuatan lubang biopori ke-12 ini. Saya terkejut, nama gerakannya bagus, Alami Berseri,” kata Farida, Rabu (7/4/2021).

Pada pembuatan lubang biopori itu juga dihadiri Kepala Seksi Pembangunan Kelurahan Tanah Baru, Sainah dsn Ketua RW 06, Jamiat serta aktivis Bank Sampah, Poppy.

Wanita yang biasa disapa Opie tersebut mengaku bersyukur melihat antusias warga dalam menjaga lingkungan. Opie juga bangga melihat mereka kerja sepenuh hati dan tampak begitu guyub.

“Ini salah satu contoh kesadaran sederhana yang muncul dari realitas kondisi yg dihadapi, terlihat oemikiran masyarakat tentang bagaimana agar saat musim hujan air tidak banjir dan musim panas mereka tidak kekeringan,” ujarnya.

Opie juga menjelaskan bahwa Jamiat sudah sejak 6 tahun lalu sudah membuat lubang biopori, sehingga gerakan ini dipastikan dilakukan dengan pemahaman yang jelas.

“Sangat pantas jika beliau dijadikan narasumber saat sosialisasi di tingkat kelurahan. Menariknya pak rw membuat tutup lubang versinya yg dapat mengefektifkan proses organik,”

Launching gerakan 100.000 biopori juga dilakukan di RW 07 Tanah Baru, mencakup seluruh RT. Opie berharap secara bertahap hingga akhirnya seluruh RW di Kota Depok membuat pilòting di wilayahnya.

Dia menginginkan gerakan strategis itu menjadi bagian semangat pembangunan berkelanjutan. Pembangunan yang memenuhi kebutuhan hidup masa sekarang dengan mempertimbangkan pemenuhan kebutuhan hidup generasi mendatang.

Serta kata dia, membangun pertahanan kualitas hidup bagi seluruh manusia di masa sekarang dan di masa depan secara berkelanjutan. 

“Pada akhirnya, sukses pembangunan sebuah kota bertumpu pada beberapa hal. Kesamaan gagasan, kesadaran dan komitmen bersama. Ini juga ciri dari Kota Cerdas, cerdas warganya, cerdas pemerintahnya dan cerdas kotanya,” pungkasnya.