Al Fatih Junior ChampSDIT
DepokNews–Siswa siswi kelas dua dan tiga Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Fatih yang berlokasi di Kampung Rawa Geni, Kelurahan Ratujaya melaksanakan kegiatan Junior Champ untuk pramuka siaga.

Kepala SDIT Al Fatih Dian Lestari dalam sambutannya mengatakan kegiatan Junior Champ digelar sejak Jumat-Sabtu (8-9/2) di lingkungan SDIT Al Fatih dengan tema Menjadikan Pramuka Siaga yang Bertanggung jawab.

Dia mengatakan kegiatan junior champ ini memang dilaksanakan setiap tahun untuk kelas dua dan tiga, sementara untuk kelas empat sampai enam melaksanakan Super Champ di luar lingkungan SDIT Al Fatih.”Sebelum adanya kegiatan ini kami memberikan informasi kepada orang tua siswa dan mengirimkan surat persetujuan dan mayoritas orang tua siswa mengijinkan anaknya untuk mengikuti kegiatan Junior Champ”katanya

Dia menambahkan, pendidikan kepramukaan adalah pendidikan yang sangat berguna untuk menanamkan karakter yang bagus untuk pelajar.Banyak sekali manfaat yang diberikan dari kegiatan pramuka, mulai dari sikap berani, jujur, berakhlak mulia, jiwa sosial, disiplin dan bertanggung jawab, kreatif, inovatif dan masih banyak lainnya.Kegiatan pramuka Yunior Champ ini dapat meningkatkan kedisiplinan dan tanggung jawab siswa.

Disiplin dan tanggung jawab merupakan sikap yang saat ini kurang terbentuk pada diri seorang pelajar.Sikap disiplin merupakan sikap mematuhi aturan karena kesadaran dirinya sendiri terhadap tanggung jawab yang harus mereka lakukan, bukan karen rasa takut.

Dari sikap disiplin tersebut apabila telah dilaksanakan maka dengan begitu mereka telah bertanggung jawab terhadap apa yang mereka lakukan.Melalui kegiatan pramuka kedisiplinan dan tanggung jawab siswa akan ditanamkan dan ditingkatkan lagi.Banyak sekali kegiatan dalam pramuka yang dapat mengembangkan berbagai bakat yang dimiliki siswa.

Dari kegiatan pramuka seperti tali-temali, belajar sandi-sandi, p3k, dan  kegiatan sosial yang disiapkan sebagai latihan untuk memepersiapkan generasi yang peduli sosial dan bertanggung jawab dikalangan masyarakat nantinya.

“Kami berharap agar para pramuka siaga di gugus depan SDIT Al Fatih senantisasa bertanggung jawab”katanya.

Untuk dapat menghasilkan Pramuka Siaga Bertanggung jawab yang diharapkan sesuai dengan tujuan Gerakan Pramuka, diperlukan Pembina Pramuka Siaga yang mampu mengimplementasikan teknik pembinaan yang efektif dan kreatif .