Gambar: Kegiatan PKM Fakultas Farmasi Universitas Pancasila berupa Pendampingan UKM Produk Newnormal Starter Kit Mengandung Esktrak Daun Bidara dan Sereh Wangi

Depok, 11 Januari 2020 — Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) yang merupakan perwujudan dari Tri Dharma Perguruan tinggi selain Pendidikan dan Penelitian, kembali dilaksanakan oleh Fakultas Farmasi Universitas Pancasila (FFUP). PKM kali ini diketuai oleh dosen FFUP di bidang bahan alam, Apt. Diah Kartika P., M. Farm., dengan tim sejumlah dosen FFUP, Mahasiswa Prodi S3, S2 dan S1. Tim PKM melakukan pendampingan kepada Ibu Nuraini seorang ibu rumah tangga pebisnis di Depok, pimpinan UKM yang memproduksi suatu Starter KitNew Normal. Produk tersebut meliputi hand sanitizer, sabun cuci tangan, dan desinfektan yang mengandung ektrak daun bidara dan essential oil sereh wangi.

Terdapat tiga pokok kegiatan dalam PKM ini, pertama yaitu pendampingan UMKM dalam memproduksi produk kesehatan yang termasuk kategori Produk Kesehatan Rumah Tangga (PKRT) agar memenuhi standard dan izin produksi PKRT. Dalam hal ini UMKM dipertemukan dengan mitra industri PT. Resik Mitra Anugerah di Bogor yang telah memenuhi syarat GMP dan memiliki izin produksi dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Kedua, melakukan edukasi untuk digital branding produk UKM tersebut melalui platform instagram dalam bentuk “Kuliah Instgram/Kulgram” dengan nama channel @zizi.travelessential. Ketiga, sebagai final outcome dari kegiatan ini adalah ikut berperan dalam launching produk Starter Kit New Normal dengan merek Zizi-Travel Essential.

Sehubungan dengan terjadinya pandemi Covid-19 sejak awal tahun 2020, telah banyak bermunculan produk kebersihan diri seperti hand sanitizer dan hand wash yang diproduksi skala rumahan. Oleh sebab itu, FFUP memiliki program ini untuk mendampingi UKM agar memiliki produk  yang legal terstandard dan produksinya agar sesuai peraturan yang berlaku. Terlebih, FFUP yang memiliki fokus penelitian pada bahan alam Indonesia, mendukung kreativitas UKM dengan penambahan ekstrak daun bidara dan essential oil sereh wangi pada produk starting kit ini. Diharapkan PKM ini mampu memberikan edukasi melalui Kulgram dan webinar, serta bermanfaat secara nyata pada masyarakat terkait produk kesehatan.