Aksi Jumat Hijau DLHK di lahan terbuka Jalan Merdeka, Kecamatan Sukmajaya, Jumat (20/10/17). (Foto : Bima/Diskominfo)

Aksi Jumat Hijau, DLHK Depok Tanam 75 Pohon di Jalan Merdeka

Posted on 7 views

DepokNews — DepokNews — Aksi Jumat Hijau dilakukan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok dan stakeholder terkait dengan menanam 75 pohon di Jalan Merdeka. Aksi ini dilakukan sebagai upaya penyelamatan lingkungan dan ekosistem dari dari dampak pemanasan global yang makin terasa, seperti dilansir depok.go.id

“Aksi tanam pohon ini merupakan upaya kami dalam mencukupi kebutuhan oksigen masyarakat, serta untuk keberlangsungan hidup pohon itu sendiri. Kami juga mengajak Danramil, DPRD, camat, lurah serta pemerhati lingkungan untuk ikut menjadi bagian dari pelestarian lingkungan,” ujar Kepala DLHK Kota Depok, Etty Suryahati, usai melakukan aksi tanam pohon di lahan terbuka Jalan Merdeka, Kelurahan Abadijaya, Kecamatan Sukmajaya, Depok, Jumat (20/10/17).

Dikatakannya, kegiatan Jumat Hijau tersebut, rutin dilaksanakan setiap tahun. Dalam kegiatan itu, pihaknya selalu menyasar lokasi fasos fasum maupun lahan tidur yang tidak digunakan, untuk ditanami bibit pohon.

“Daripada lahan ini digunakan untuk Pedagang Kaki Lima (PKL), ada baiknya ditanami pohon yang sudah pasti membawa dampak positif untuk masyarakat luas. Di mana ada lahan kosong, di situ bisa kita tanami pohon. Mindset ini yang harus kita tanamkan kepada masyarakat,” tambahnya.

Etty menyebut, 75 pohon tersebut ditanam di atas lahan seluas kurang lebih 100 meter. Jenis pohon yang ditanam antara lain, manggis, bisbul, pete, jambu, jengkol serta tanaman buah-buahan. Dirinya berharap, keberadaan pohon ini nantinya bisa dijaga oleh warga sekitar.

“Mudah-mudahan warga bisa merawat dan menjaga pohon-pohon ini. Jika sudah besar dan berbuah, nanti warga juga yang ikut menikmatinya,” tutupnya.