DepokNews–Disadari atau tidak manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan dan dibutuhkan oleh orang lain dalam kehidupan.
Dalam menjalani kehidupan Allah telah menentukan riski setiap manusia. Sementara setiap riski yang kita peroleh, sebahagian adalah hak yang harus diberikan kepada mereka yang kurang beruntung dan anak-anak yatim.

Keutamaan yang bisa didapat dengan menyantuni anak yatim adalah memperoleh kedekatan dengan Rasulullah SAW di surga sedekat antara jari telunjuk dengan jari tengah.

Rasulullah SAW bersabda, “Aku dan orang yang menanggung anak yatim (kedudukannya) di surga seperti ini”, kemudian Nabi Muhammad SAW mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah serta agak merenggangkan keduanya” (HR. Bukhari, Shahih Bukhari, Sahl bin Sa’ad As-Sa’idiy: 5304

Sebagai rasa cinta dan menjalankan ajaran Nabi Muhammad serta wujud rasa syukur atas riski yang telah diterima, Kepala Sekolah dan Guru-guru SMP NEGERI 2 DEPOK melaksanakan ibadah sosial “Jumat Berkah” yaitu membagikan nasi box kepada Panti Asuhan yang ada diwilayah Depok.

“Insha Allah kegiatan ini akan kami lakukan terus setiap hari Jumat.”

“Mudah-mudahan kedepannya jumlah yang kami berikan makin bertambah dan bisa dalam bentuk yang lain”
Ujar seorang guru SMP NEGERI 2 DEPOK yang tidak ingin disebutkan namanya.

Sedekah pada hari Jumat menjadi salah satu ibadah sunah yang dianjurkan. Sebab pada hari itu pahala sedekah akan dilipatgandakan.
Sabda Rasulullah SAW, “Penghulu segala bulan ialah bulan Ramadhan dan penghulu hari adalah hari Jumat.” (HR. Al-Bazzar).