DepokNews- Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Menteri Dalam Negeri Benny Irwan mengatakan, Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih pada Pilkada Depok 2020 segera dilantik. Mereka adalah Mohammad Idris dan Imam Budi Hartono.

Ia menungkapkan bahwa pelantikan kepala daerah terpilih akan diselenggarakan secara serentak dan bertahap.

Untuk tahap pertama ini diagendakan pada akhir bulan Februari 2021, yang diikuti oleh daerah-daerah yang tidak ada sengketa perselisihan hasil pemilu (PHP) di Mahkamah Konstitusi (MK).

“Pelantikan akan dilakukan bertahap, mulai akhir Februari 2021. Pada tahap ini kepala daerah yang dilantik adalah mereka yang tidak ada PHP di MK,” kata Benny, Selasa (16/2/2021), seperti dikutip RRI.

Selain itu, daerah-daerah yang berdasarkan putusan sela MK, yang kasusnya tidak dilanjutkan atau gugatannya PHP nya ditolak. Juga akan dilantik di akhir Februari 2021.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Depok, Nana Shobarna mengaku jika menyangkut pelantikan kepala daerah, bukan kapasitas KPU.

“Saya no comment. Sudah bukan kewenangan kami (KPU),” ujar Nana.

Ia menjelaskan, proses pelantikan ada di ranah Departemen Dalam Negeri (Depdagri) dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

“KPU dengan telah melakukan pleno penetapan paslon terpilih kemudian menyerahkan SK penetapan tersebut kepada DPRD, tugas KPU selesai,” tandasnya.