Ajak Anak Berpuasa, Sajikan Kolak Mutiara Langit untuk Berbuka

Posted on 4 views

DepokNews — Mengajak anak puasa sejak dini memang tidak mudah. Akan tetapi, sebagai orang tua harus cerdas akan pemahaman keinginan sang anak. Salah satunya dengan mengajaknya berpuasa dan memberikan kejutan untuk menu berbuka.

Seperti yang dilakukan oleh Ibu Erna, salah seorang ibu rumah tangga yang tinggal di wilayah Rangkapan Jaya, Pancoran Mas Depok. Dirinya mengaku, mengajak anak-anak berpuasa tidak mudah. “Maka dari itu, saya selalu turuti kemauan mereka untuk membuat tajil yang sesuai dengan keinginannya,” ujar Erna kepada Tim Depok News.
Maka itu, saya selalu membuat menu yang luar biasa, sambungnya. Misalnya kolak yang saya beri nama Mutiara Langit. “Ini sih, kolak ubi biasa atau orang-orang menyebutnya sebagai kolak biji salak. Namun, saya membuatnya dengan ragam warna-warni dan potongan pisang agar terlihat menarik dan tetap sehat,” tambahnya.
Adapun resep yang ia berikan untuk ibu-ibu di rumah. 1/2 Kg Ubi putih, 100gr Sagu, Pewarna makanan 3 macam, daun pandan, garam secukupnya, 1butir kelapa untuk Santan, 150gr gula putih (diaduk di santan), dan Pisang (sesuai selera). “Cara membuatnya sama saja dengan kolak biji salak, ubi yang telah dikukus dihaluskan, beri garam, dan dibagi menjadi tiga bagian, uleni,  lalu berikan pewarna dan bulat-bulatkan. Lalu siapkan air satu liter dan didihkan, kemudian masukan bola-bola sampai terapung,” jelasnya. Kemudian angkat, tiriskan, lalu masak santan dan daun pandan. Masak sampai mendidih lalu masukan bola-bola hingga siap di sajikan.
Sementara itu, dia juga mengatakan bahwa bukan hanya menunya saja yang dapat menarik perhatian si kecil. Akan tetapi, memasak bersamanya juga lebih menyenangkan. Dengan memasak bersama tentu akan membuat hubungan kian erat sekaligus melatih si kecil untuk berkreasi menyalurkan imajinasi dan kreativitasnya. “Selain itu, bisa juga sebagai menghabiskan waktu ngabuburit di rumah,” tandasnya.