7 Kegiatan Produktif yang Bisa Anda Lakukan Saat Weekend

Posted on

Depoknews.id, Depok– Akhir pekan bagi seorang pekerja selalu dimanfaatkan untuk bersantai dan beristirahat, bagi sebagian orang. Tetapi banyak orang yang mengabaikan akhir pekan dengan membuang waktu dengan sia-sia. Padahal banyak hal bermanfaat yang bisa dilakukan saat akhir pekan di rumah.

Memang sebagian pekerja lebih memilih akhir pekan untuk berjalan-jalan bersama keluarga. Tetapi jika anda sedang malas untuk jalan-jalan bersama, anda bisa melakukan aktivitas lain di sekitar rumah yang lebih produktif.

Berikut beberapa aktivitas bermanfaat yang bisa anda lakukan saat akhir pekan.

1. Belajar Lagi

Belajar bukan satu hal yang dilakukan hanya didalam kelas. Tetapi anda bisa melakukan hal tersebut di rumah sekalipun. Caranya? Belajar saat ini bisa anda lakukan dengan berbagai cara, mulai dari aktivitas browsing di internet atau melakukan hal baru untuk melatih keahlian baru.

Banyak keahlian baru yang bisa anda pelajari dari rumah. Semisal, menjahit, memasak, dan juga belajar desain grafis. Cara ini tentunya akan bisa meningkatkan skill anda.

Ketika anda di rumah, anda tidak hanya melatih kemampuan untuk diri anda sendiri. Tetapi juga bisa dilakukan untuk belajar bersama pasangan ataupun anak-anak anda.

2. Berkebun

Bekebun memang menjadi pilihan lain ketika akhir pekan, saat anda sedang bosan dan bingung ingin melakukan apa di rumah, maka cara terbaik yang bisa anda lakukan adalah dengan berkebun.

Anda bisa mencoba untuk memotong rumput yang sudah panjang, atau dengan menanam tanaman baru di kebun anda. Apa lagi dengan berkebun anda bisa mendapatkan manfaat kesehatan, seperti meningkatkan mood dan kesehatan mental.

3. Membaca Buku

Membaca buku menjadi salah satu aktivitas yang memiliki manfaat luar biasa dari mengisi waktu luang. Dengan membaca buku kita dapat menambah berbagai ilmu. Maka dari itu, anda harus bisa menyisihkan waktu untuk membaca buku demi bertambahnya wawasan anda.

Cobalah membaca buku dari buku-buku yang anda senangi. Atau jika anda ingin meningkatkan keahlian seperti menambah wawasan berbisnis, maka buku-buku tentang bisnis sangat bermanfaat untuk anda.

4. Olahraga

Olahraga menjadi salah satu pilihan dalam mengisi waktu luang anda di akhir pekan. Cobalah berolahraga agar anda bisa memiliki tubuh yang sehat dan meningkatkan rasa percaya diri anda. Berolahraga bisa membuat anda lebih sehat dan anda akan merasa lebih atraktif.

Manfaatkanlah waktu pagi anda untuk berolahraga seperti jogging, berenang ataupun bermain futsal bersama teman-teman yang lain.

5. Mempelajari Bahasa Baru

Belajar bahasa baru menjadi salah satu cara yang cukup baik untuk menngisi waktu luang anda di rumah. Saat ini untuk mempelajari bahasa baru anda tidak perlu datang ke tempat kursus, sekarang anda bisa belajar bahasa baru dengan menggunakan internet atau mendengarkan musik yang sesuai dengan bahasa yang ingin dipelajari.

6. Kembali Mengatur Keuangan Keluarga

Apakah anda sudah sering mencatat data penggeluaran selama satu bulan? Jika anda belum melakukan, cobalah lakukan sejak sekarang. Catat kembali berapa pendapatan yang anda peroleh selama satu bulan. Termasuk pendapatan dari pasangan anda.

Setelah itu, catatlah setiap pengeluaran bulanan yang anda keluarkan. Kemana saja uang tersebut mengalir. Dengan ada data yang anda miliki, jika penggeluaran lebih besar dibandingkan pemasukan maka anda harus segera menekan budget penggeluaran yang anda miliki.

7. Bersosialisasi

Bersosialisailah anda ketika waktu luang. Bersosialisasi disini bukan hanya berhubungan dengan orang-orang melalui media sosial. Tetapi anda harus keluar, cobalah datang ke rumah tetangga anda. Atau ikutlah dalam setiap kegiatan sosial yang ada disekitar tempat tinggal anda. Bersosialisasi merupakan salah satu hal produktif untuk menghabiskan waktu anda.