7.959 Siswa SMU do Depok Siap Ikuti UNBK

Posted on

DepokNews — Sebanyak 7.959 siswa Sekolah Menengah Atas ( SMA) dan Madrasah Aliyah (1034) di Depok siap mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

UNBK sendiri akan berlangsung selama 4 hari yakni dimulai sejak Senin (10/4) hingga Kamis (13/4). Hari pertama UNBK mata pelajaran yang diujikan adalah Bahasa Indonesia, sedangkan hari terakhir adalah satu mata pelajaran sesuai pilihan jurusan.

“Untuk tahun ini ada sekitar 7.959 siswa. Terdiri dari SMA sebanyak 6925 dan MA 1034 siswa,” ujar Sekretaris Dinas Pendidikan Siti Chaerijah, kemarin.

Dirinya memaparkan ada sekitar 61 sekolahan SMA di Depok yang menyelenggarakan UNBK. “SMA Negeri ada sekitar 13 sekolah, SMA swasta sebanyak 47 sekolah. Kemudian terbuka satu sekolah yakni UNBKnya gabungan antara terbuka 4 dan 5,” paparnya.

Ia mengungkapkan jika tahun ini, dalam pelaksanaan, pengelolaan, pengawasan dan kesiapan jalannya UNBK, kini sepenuhnya dibawah wewenang Pemprov Jawa Barat atau Dinas Pendidikan Jabar.

Hal ini karena berdasar amanat Undang-undang pemerintahan daerah, dimana sejak 2017, kewenangan seluruh satuan pendidikan tingkat menengah atas yakni SMA dan SMK di Pemerintah Kota wajib diambil alih oleh Pemerintah Provinsi.

“Untuk SMK SMA sekarang alih kelola di Disdik Provinsi Jabar, ada perwakilannya di Cibinong yakni Balai Pelayanan dan Pengawasan Pendidikan Wilayah I. Meliputi Kota Bogor, Kabupaten Bogor dan Kota Depok,” ungkapnya.

Meski demikian Dinas Pendidikan tetap membantu jalannya penyelenggaraan UNBK. ” Disdik Depok sifatnya hanya memback-up dan membantu kordinasi di saat ujian digelar,” tuturnya.

Perlu diketahui tahun ajaran sebelumnya kelulusan Ujian Nasional tingkat SMA/SMK masih mengacu pada target nilai. Hal itu membuat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) berupaya mempersiapkan diri agar target kelulusan siswa di atas rata-rata nasional.

Namun untuk tahun ajaran 2016/2017 target tersebut bukan lagi sebagai penentu kelulusan setelah adanya Permendikbud No 44/2014 tentang Ujian Nasional. Ujian nasional (UN) tersebut mengacu pada persentase kelulusan siswa yang berimbang, antara Ujian Nasional dan ujian sekolah yaitu 50:50.

“Kami berpesan kepada seluruh siswa yang ada di Depok untuk bersungguh-sungguh dalam mengerjakan ujian. Berbuat jujur, terus semangat dan jangan lupa berdoa,” tandasnya.

Sementara itu Kepala Sekolah SMA Negeri 5 Depok Ahmad Zarkasih mengatakan sebanyak 388 siswa siap melaksanakan UNBK.

“Ujian terbagi dalam 3 sesi di ruang ujian 7. Kami menyiapkan genset sebagai antisipasi listrik padam. Karena hal-hal tidak terduga seperti mati lampu bisa saja terjadi. Nah kami tidak ingin siswa terganggu konsentrasi nya sehingga disiapkan genset,” katanya.